Segera Cairkan Dana Kelurahan, Kata Legislator Makassar

Dana Kelurahan

Pengembalian anggaran kelurahan hasil refocusing yang batal digunakan Pemkot Makassar belum selesai hingga sekarang, DPRD Kota meminta Pemerintah memepercepat realisasinya.

Hal ini diutarakan Anggota Komisi A Bidang Pemerintahan Ari Ashari Ilham. Menurutnya bulan ini adalah waktu yang ideal bagi Pemerintah Kota (Pemkot) untuk segera melakukan pencairan mengingat waktu yang semakin mepet.

"Memang sulit sisa waktu empat bulan. Akhir Juli ini idealnya segera dicairkan. Kalau tiga atau dua bulan baru cair, pasti akan kerepotan," ujar ketua Fraksi Nasdem ini, dikutip Senin (20/7/2020).

Terlebih pada tahun sebelumnya, penggunaan anggaran kelurahan jauh dari kata optimal. Tahun 2019 dianggap menjadi catatan merah lantaran cukup banyak silpa yang dihasilkan oleh kelurahan. Tercatat realisasi anggaran hanya mampu menyentuh Rp82,45 milliar dari Rp262,57 milliar, sehingga tersisa Rp180,11 milliar.

Sehingga hal ini berpotensi kembali terulang jika tidak ada tindak cepat pemerintah dalam menyalurkan anggaran tersebut.

"Jadi semua kendala dan kekurangan tahun lalu harus dievaluasi agar tidak terulang agar proses pencairan bisa segera dilakukan," ujar Ari mengingatkan.

Sementara itu, terpisah Lurah Tamalanrea Jaya A. Salman Baso berharap ada kejelasan terkait pencairan tersebut. Sejumlah program yang telah dirumuskan sebelumnya dinilai akan mandek jika pemkot lambat menyalurkan anggaran itu.

Apalagi keseluruhan program diusulkan melalui Musrembang tingkat kelurahan, sehingga ada potensi gejolak warga yang menagih hasil musrembang tersebut jika tidak terealisasi sama sekali.

"Kami ini di kelurahan sisa menunggu pencairannya, kami berharap anggaran yang tersebut bisa secepatnya cair," katanya.

Bagikan

Related Stories