Rel Kereta Api Makassar-Parpare Segmen III Hampir Selesai, Oktober 2022 Sudah Dilintasi

Kereta

MAKASSARINSIGHT.com - Pembangunan Kereta Api (KA) yang menghubungkan Kota Makassar-Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan pada segmen III dari Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) hingga Kabupaten Maros, akan segera rampung jelang operasi perdana pada Oktober 2022. 

“Segmen III saat ini sedang berjalan. 67,1 kilometer dari Kabupaten Pangkep hingga Kabupaten Maros. Untuk Kabupaten Maros sudah mencapai 84 persen dan luas wilayah Kabupaten Pangkep 94 persen,” kata Kepala Pusat Pengelola Perkeretaapian Sulawesi Selatan Andi Amanna Gappa, di Makassar, Jumat (3/6/2022). 

Ia optimistis penyelesaian pembangunan jalur KA masih sesuai jadwal untuk bisa beroperasi pertama kali pada Oktober 2022. 

Selain itu, dukungan masyarakat dan Pemerintah Daerah memiliki peran penting dalam mewujudkan pembangunan, mengingat proses penyelesaian pengadaan tanah di jalur KA yang menghubungkan Makassar hingga Parepare masih panjang. 

Untuk progres saat ini, pembangunan jalur Segmen I sepanjang 16,1 kilometer dan segmen II sepanjang 26,1 kilometer telah selesai. 

“Selain pembangunan jalur utama, juga dibangun jalur berpihak sepanjang 4,7 kilometer untuk akses ke stasiun pelabuhan terpadu di Garongkong di Kabupaten Barru dan jalur tepi jalan sepanjang 9,7 kilometer ke Tonasa oleh KPBU,” kata Gappa. 

Pembangunan siling track pada proyek ini dimaksudkan untuk memberikan akses dari sentra produksi ke pelabuhan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah setempat. Sebab, wilayah Maros-Barru memiliki potensi ekonomi yang cukup besar. 

Pada Mei 2022 dilaporkan potensi semen dapat diangkut antara 6.000 - 10.000 ton per bulan dari Tonasa dan hampir 3,5 juta ton per tahun dari Bosowa ke Pelabuhan Garongkong dengan kereta api. 

Selain potensi angkutan semen, jalur KA ini, dia berharap, bisa memaksimalkan potensi pariwisata di kawasan Maros-Barru. Kedua kawasan ini terkenal dengan wisata Geopark, pantai, hingga kuliner yang berpotensi besar menarik wisatawan jika dihubungkan dengan kereta api. 

“Kami berharap dengan dioperasikannya jalur ini pada Oktober 2022 dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” harapnya.

Editor: Rizal Nafkar
Tags Kereta Api SulselBagikan

Related Stories