Ratusan Pegawai non ASN di Pemkot Makassar Diberhentikan

Honorer

Pemerintah Kota Makassar memecat 204 pegawai yang berstatus tenaga kontrak atau non PNS disejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), lantaran dinilai tidak produktif dan mengabaikan surat peringatan.

Kepala Bidang Kinerja dan Kesejahteraan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Makassar, Munandar saat dikonfirmasi mengatakan pemecatan tersebut berdasarkan hasil evaluasi kinerja tenaga kontrak sudah diusul untuk tidak diperpanjang.

Selanjutnya menjadi kewenangan pihaknya memproses hasil temuan tersebut.

“Pemecatana itu karena memang Kontrak mereka sudah berakhir di akhir tahun kemarin. Jika tidak diperpanjang, berarti per 1 Januari 2021 sudah tidak bekerja lagi. Biasanya seperti itu,” ujarnya, Selasa (26/1/2021).

“Sudah ada nama yang tidak lagi diperpanjang. Itu diusulkan SKPD,” sebut dia.

Ia menambahkan bahwa pemberhentian masa kerja itu telah sesuai aturan. Mereka yang di-PHK tersebut kebanyakan bekerja di bagian umum. Selebihnya tersebar di beberapa SKPD.

“Saya paling banyak yang bekerja di bagian umum sebagian di SKPD. Saya kurang hafal itu,”ungkapnya.

Sebelum dipecat, bagian kepegawaian telah melakukan pembinaan baik langsung maupun tindakan formal seperti surat peringatan. Namun mereka tidak mau berubah.

“Ada yang sampai 3 bulan tidak pernah masuk, sudah ditegur hingga tertulis tapi tetap melakukan,” jelasnya.

Evaluasi kinerja pegawai kontrak dilakukan tiap tahun. Saat ini ada sekitar 4 ribu lebih yang dipekerjakan Pemkot Makassar.B

Menurut dia tidak diperpanjangnya kontrak kerja mereka salah satunya karena pekerjaan tidak maksimal. Misalnya disuruh bikin ABC, yang dibuat hanya A atau lain. Tidak sesuai dengan petunjuk atau tidak melaporkan hasil kerjanya,”jelasnya.

Namun ia tak menampik keberadaan tenaga kontrak cukup membantu kinerja pemerintah. kendati disisi lain ada juga yang kinerjanya kurang memuaskan

“Saya kira semua orang bisa melihat terlalu banyak tenaga kontrak yang terlalu nyaman. Namuni ada juga seh berprestasi,”pungkasnya.

Bagikan

Related Stories