Ratusan Kepala Sekolah di Makassar Akan Kena Pergeseran Oleh Danny

Sekolah

MAKASSARINSIGHT.com - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menggulirkan rencana mutasi kepada 500 kepala sekolah (kepsek). Namun Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar mencatat total hanya ada 369 SD dan SMP negeri yang menjadi kewenangan Pemkot Makassar.


"Kalau dihitung bukan 500 (seperti yang disampaikan wali kota), karena hanya 314 sekolah negeri SD, ditambah 55 sekolah negeri SMP," papar Kepala Disdik Kota Makassar Muhyiddin saat dikonfirmasi, Sabtu (4/2/2022).

Data jumlah sekolah yang perlu mendapat evaluasi atas rencana kebijakan mutasi itu disebut sudah disiapkan. Nama-nama kepala sekolah dan guru yang layak diangkat menjadi kepsek diserahkan ke Wali Kota Makassar untuk menjadi pertimbangan.

"Kami serahkan semua data, guru-guru yang memenuhi syarat ada berapa, berdasarkan aturan," ujar dia.

Semua data-data yang dimaksud jadi acuan untuk melakukan pengisian posisi kepsek di SD dan SMP negeri. Selain mempertimbangkan syarat pengangkatan, pergeseran posisi kepsek juga mempertimbangkan evaluasi kinerja.

"Tergantung pimpinan. Kita pejabat teknis menyiapkan dokumen data dan termasuk pertimbangan-pertimbangan yang dibutuhkan termasuk data guru yang memenuhi syarat untuk ditugaskan sebagai kepala sekolah," tuturnya.

Dia berharap rencana mutasi yang menyasar kepsek bisa segera ditindaklanjuti. Apalagi ada posisi kepsek yang kosong masih dijabat pelaksana tugas (plt) di sejumlah sekolah.

"Memang ada sekolah yang kosong, otomatis bahwa itu ada pengisian. Ada kan sekarang sekolah, beberapa sekolah itu dijabat oleh Plt (Kepsek)," terang Muhyiddin.

Tags Kota MakassarBagikan

Related Stories