Punya Utang? Simak Ulasan Ini, Mungkin Bisa Mengatasi Masalah Anda

Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasi Tumpukan Utang di Tahun 2023 (Freepik.com/Drobotdean)

MAKASSARINSIHT.com - Saat memasuki tahun baru, ada sebagian orang yang mengeluh mengenai tagihan utang dan meningkatnya biaya hidup. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda untuk mencapai tujuan keuangan.

Oleh karena itu, simak beberapa cara mengatasi tumpukan utang tahun 2023 berikut ini.

Baca juga :

Cara Mengatasi Tumpukan Utang Tahun 2023

1. Ketahui Posisi Keuangan Anda

Penting untuk mengetahui posisi keuangan secara keseluruhan. Anda bisa mencoba mengetahui berapa banyak uang yang telah masuk ke rekening bank dan berapa banyak yang sudah Anda keluarkan. 

Anda juga perlu mencatat utang apapun termasuk tagihan, pinjaman, kartu kredit, atau utang kepada teman dan keluarga. Dengan mengetahui kondisi keuangan dan daftar utang, Anda bisa mengetahui prioritas utang apa saja yang harus segera dilunasi terlebih dahulu.

2. Tetapkan Anggaran

Hal terbaik yang harus dilakukan untuk mengatasi tumpukan utang adalah dengan menyusun anggaran untuk membantu merencanakan pengeluaran. Hal ini juga bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk Anda agar terbiasa mengatur uang sepanjang waktu.

Ada banyak cara untuk membuat, melacak, dan mematuhi anggaran, jadi cari tahu apa yang lebih cocok untuk Anda. Anda bisa mencoba menuliskan daftar pengeluaran yang jadi prioritas, tetapkan jumlahnya untuk masing-masing pos pengeluaran dan berikan fleksibilitas yang cukup.

3. Tetap Terbuka

Utang saat ini memang masih menjadi topik yang tabu bagi sebagian orang. Akan tetapi, dengan terbuka bahwa Anda sedang memiliki utang, maka akan memudahkan Anda untuk mendapatkan bantuan atau cara untuk melunasi tumpukan utang.

4. Ketahui Pilihan

Meminjam uang adalah keputusan yang harus dipertimbangkan dengan hati-hati dan cermat. Sebelum memutuskan untuk berutang, Anda bisa mencoba mengetahui keuangan Anda apakah masih ada alternatif lainnya seperti menggunakan uang dari tabungan.

Jika Anda memang perlu meminjam, penting untuk melihat berbagai pilihan yang tersedia untuk Anda. Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai berapa banyak uang yang Anda perlukan, apakah pinjaman itu untuk mendanai proyek, menutupi pengeluaran sehari-hari, dan waktu kapan Anda harus melunasinya.

Itu tadi beberapa cara untuk mengatasi tumpukan utang pada tahun 2023 agar Anda bisa meraih tujuan keuangan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 07 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories