Prudential Sabet Penghargaan Terbaik TrenAsia ESG Award 2023

Prudential Raih Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 (trenasia)

JAKARTA - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meraih penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan asuransi dengan predikat sustainability. 

Untuk menciptakan perubahan positif dalam tantangan keuangan global, Prudential telah mengumumkan serangkaian langkah-langkah komitmen keberlanjutan yang mendukung penerapan niai ESG dilingkungan perusahaan. Prudential menegaskan komitmennya untuk kehidupan lebih baik dengan fokus pada konsep keberlanjutan dan penyelesaian tantangan iklim. 

Prudential telah menetapkan target pada tahun 2040 mencapai netral karbon. Selain itu prudential juga menetapkan target untuk mencapai emisi nol bersih diseluruh kantor operasinya, baik kantor pusat maupun kantor internasional merekapada tahun 2050. Langkah ini merupakan upaya penting dalam mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan perusahaan dalam upaya menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan.

Prudential memperkuat komitmennya dengan memperkenalkan pembatasan investasi langsung pada perusahaan yang sebagian besar pendapatannya berasal dari batubara termal. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi berbasis fosil yang merusak lingkungan dan mempercepat transisi ke energi bersih

Perusahaan memprioritaskan transparansi dan akuntabilitas dalam seluruh operasinya. Prudential juga berkomitmen untuk memberikan laporan yang jelas tentang upaya keberlanjutan mereka, memungkinkan pemangku kepentingan untuk memantau kemajuan perusahaan. 

Laporan ESG (Environmental, Social, and Governance) disiapkan sesuai dengan opsi Inti Standar Inisiatif Pelaporan Global.  Dengan komitmen yang kuat untuk mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan kesadaran tentang isu-isu keberlanjutan, Prudential berusaha untuk memberikan kontribusi positif pada lingkungan dan kehidupan berkelanjutan. 

Chief Executive Officer (CEO) PT Tren Media Berjejaring Sukirno mengatakan penghargaan ini diberikan untuk perusahaan-perusahaan yang berkomitmen menjalankan prinsip bisnis lingkungan, sosial, dan tata kelola (environment, social, and governance/ESG).

"Selamat untuk PT. Prudential  yang meraih TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan Insurance. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi dan contoh untuk perusahaan-perusahaan lain di Indonesia," ujarnya sesaat setelah memberikan penghargaan kepada para pemenang di Raffles Jakarta Hotel, Rabu, 30 Agustus 2023.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award Mas Achmad Daniri mengungkapkan Aspek Environment, Social, dan Governance (ESG) telah menjadi topik yang sangat penting di berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pemerintah, maupun investor. Bukan hanya di tingkat global, kesadaran masyarakat Indonesia akan ESG ini semakin tajam.

Daniri meyakini bahwa dengan praktik ESG, perusahaan bukan hanya bisa mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Hal ini pun terbukti dari perusahaan-perusahaan yang telah mengedepankan ESG, lebih tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

“Perusahaan dinilai bukan hanya berdasarkan kinerja keuangan dan program-program tahunan, namun komitmen dan konsistensinya terhadap bisnis berkelanjutan. Dalam proses penilaian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award menemukan banyak fakta menarik dari beragam inisiatif dan implementasi ESG yang telah dilakukan perusahaan, baik dalam laporan maupun fakta di lapangan,” ujar Daniri.

Menurut Daniri, komitmen TrenAsia untuk melakukan penilaian secara komprehensif dan independen dalam TrenAsia ESG Award ini tercermin dari prosesnya yang melibatkan para pakar di bidangnya. 

TrenAsia ESG Award 2023

TrenAsia ESG Award 2023 merupakan komitmen TrenAsia.com di bawah naungan Tren Media Berjejaring yang merupakan media online dengan fokus terhadap pemberitaan pada berita ekonomi, bisnis dan investasi. Ajang ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen perusahaan di Indonesia dalam mengelola lini bisnisnya berbasis ESG.

TrenAsia ESG Award 2023 telah menyaring lebih dari 115 perusahaan di 29 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari Juni hingga Agustus 2023, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021 dan 2022.

Adapun tim dewan juri TrenAsia ESG Award 2023 terdiri dari Shinta Widjaja Kamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Wakil Ketua Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility; dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.

Editor: Redaksi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat semua artikel

Related Stories