Pria 36 Tahun Dicurigai Kena Cacar Mohyet Dirawat di RS Unhas, Tunggu Uji Laboratorium

Ilustrasi cacar moyet. (INT)

SEORANG pria berusia 36 tahun di Sulsel dicurigai terkena cacar monyet. Kini, pria tersebut sedang dirawat di Rumah Sakit Unhas. Namun, pria tersebut baik-baik saja dan masih lancar berkomunikasi.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sulsel, Arman Bausat menjelaskan, pria tersebut terindikasi terkena saat berada di Jakarta pada 18 Agustus lalu.

“Gejalanya ruam di telinga, demam sehingga mencari pengobatan di rumah sakit,” kata Arman, pada Selasa (23/8/2022), seperti dikutip dari Suara.com.

Hanya saja, belum bisa dipastikan pria tersebut betul-betul suspek cacar monyet Saat ini, tengah dilakukan uji laboratorium di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) di Makassar.

Arman pun mengakui, tingkat akurasi uji lab BBLK bisa saja tidak persis 100 persen. Makanya, bila hasilnya dianggap meragukan, pihaknya akan mengirim sampel tersebut ke Kementerian Kesehatan.

Kata Arman, hal ini penting untuk dilakukan. Ia berkaca pada kasus Covid-19 beberapa waktu lalu yang membutuhkan penanganan langsung dari lab di Kemenkes.

Sementara, Direktur RS Unhas, Siti Maisuri mengatakan kondisi pasien saat ini dalam keadaan baik-baik saja. Ia mampu berkomunikasi dengan baik.

“Dia sehat, baik. Kami masih menunggu hasil lab. Jadi belum bisa disimpulkan, masih dicurigai. Takutnya masyarakat panik dan ketakutan,” kata Siti.

Editor: El Putra

Related Stories