Permasalahan Usaha Tambang Kompleks, HKHPI Sebut Investor Harus Paham Hukum Pertambangan

(null)

MAKASSARINSIGHT.com - Himpunan Konsultan Hukum Pertambangan Indonesia (HKHPI) resmi hadir di Sulsel. Hadirnya organisasi yang menghimpun para konsultan hukum sektor tambang ini kedepannya bisa memberi solusi bagi para inevstor tambang yang berhadapan dengan persoalan hukum.

Wakil Ketua I HKHPI Sulsel Iwan Kurniawan Hamid menjelaskan, sektor pertambangan merupakan sektor usaha yang kompleks, mulai dari perizinan hingga persoalan lingkungan. Kondisi ini menjadikan penanganan hukum yang melingkupinya menjadi khusus pula.

“Investor tambang sangat berpotensi berhadapan dengan kasus hukum, mulai dari pra dan pasca tambang. Mulai dari persoalan pelanggaran hukum masalah perizinan hingga pelanggaran aturan terkait lingkungan,” terang Iwan Kurniawan, Ahad (27/3/2022).

Diketahui, pengurus Dewan Pimpinan Wilayah HKHPI Sulawesi Selatan periode 2022-2027 dilantik oleh Ketua Umum HKHPI Katrinawaty Lasena di The Rinra Hotel Makassar, Ahad (27/3/2022).

Berdasarkan SK Nomor 001/SK/HKHPI/III/2022 yang diterbitkan DPN HKHPI ditunjuk Sulaiman Syamsuddin sebagai Ketua DPW HKHPI Sulsel Periode 2022-2027. Kemudian Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama owner Tiran Grup Andi Amran Sulaiman dan pengusaha Amirullah Nur Saenong sebagai Dewan Pelindung HKHPI Sulsel.

Katrinawaty Lasena dalam sambutannya mengharapkan HKHPI Sulsel bisa menjadi mitra strategis bagi Pemerintah Provinsi Sulsel dalam mendukung dan menjalankan program pemerintah khususnya di sektor pertambangan. (***)

Editor: El Putra
Tags HKHPIHukum TambangBagikan

Related Stories