Peringatan HUT Makassar ke-416, Firman Pagarra: Banyak yang Spesial

Bapenda Kota Makassar turut menghadiri rapat koordinasi persiapan HUT Kota Makassar yang bertempat di Ruang Sipakatau, Kantor Wali Kota Makassar, Senin (30/10/2023). (IST)

LMAKASSARINSIGHT.com - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar yang juga Ketua Panitia HUT Makassar ke 416, Firman Hanud Pagarra, menyebutkan peringatan tahun ini spesial dan banyak kejutan.

"Ada karnaval yang melibatkan 7.000 ribu orang," ujarnya.

Diketahui, Bapenda Kota Makassar turut menghadiri rapat koordinasi persiapan HUT Kota Makassar yang bertempat di Ruang Sipakatau, Kantor Wali Kota Makassar, Senin (30/10/2023).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Sekretaris Daerah Kota Makassar, Muhammad Ansar, bersama dengan seluruh asisten dan staf ahli, para kepala SKPD, kepala bagian Setda, para camat, para dirut Perusda, dan lurah se-Kota Makassar.

Firman Hamid Pagarra, menyampaikan terdapat hal spesial di Hari Jadi Kota Makassar ke-416 tahun ini salah satunya adalah karnaval dengan melibatkan lebih dari tujuh ribu peserta.

Karnaval ini menunjang Makassar sebagai kota kreatif yang baru-baru ini ditetapkan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 November 2023 mendatang di kawasan Center Point of Indonesia.

HUT Kota Makassar tahun ini akan berbeda dengan yang sebelumnya, di mana tahun ini dipilih kawasan Tugu MNEK kawasan Center Poin of Indonesia (CPI) sebagai lokasi acara. Tentunya dengan latar belakang Kapal Phinisi dan Rumah Tongkonan Toraja yang menjadi ciri khas Sulsel.

Konsepnya dikemas mirip dengan Festival Awa Odori di Jepang. Tujuh ribu peserta karnaval dibagi ke dalam 51 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 150 orang. Karnaval ini nantinya akan diiringi dengan lagu Makassar Kota Dunia ditambah dengan ornamen perkusi yang diharapkan dapat mewujudkan sepadannya ini kuliner dan festival membuat Makassar sebagai kota festival. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories