Pengibaran Bendera dengan Konsep Bunga Rampai Warnai Upaca Kemerdekawn RI di Makassar

Gladi bersih pengibaran bendaram merah putih dengan konsep Bunga Rampai di Anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (16/8/2023). (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal merayakan HUT Ke-78 RI dengan membentangkan puluhan meter bendera merah putih. Peringatan hari kemerdekaan itu, akan berlangsung di Anjungan Pantai Losari, Kamis (17/8/2023).

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pengibaran bendera ini menggunakan berkonsep baru. Yakni, dengan motif Bunga Rampai yang akan dilakukan oleh petugas Damkar dan Satpol-PP Kota Makassar.

“Berikan penampilan Anda yang paling berkesan dan rapi karena ini akan ditunggu oleh masyarakat. Jadikan penampilan ini terbaik dan menarik di Indonesia bahkan dan dunia,” imbau Danny sapaan akrabnya saat memimpin langsung Upacara Gladi Kotor dan Gladi Bersih peringatan Hari HUT RI ke-78 di Anjungan Pantai Losari, Rabu (16/08/2023).

Baca Juga: 

Dia mengarahkan para tugas pengibaran bendera Bunga Rampai dengan menempati masing-masing titik dan baris setengah melingkar di samping panggung upacara. Dengan jumlah 78 orang dan 35 meter panjang bendera akan dibentangkan para abdi negara ini.

Pria berlatar arsitektur ini juga mengatur formasi para aparat itu dengan rapi dan simetris. Gladi dimulai dengan penyerahan bendera duplikat, menyanyikan mars Makassar Jaya oleh Paduan Suara Satpol PP.

Lalu dilanjutkann dengan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra Kota Makassar. Yang mana akarnya diietakkan di pelataran Bugis-Makassar dan bunga-bunganya di laut.

Baca Juga: 

“Akar itu diibaratkan sebagai proklamasi. Sedangkan lima kuncup bunga di laut sebagai lambang Pancasila. Jadi dari akar yang kuat yakni proklamasi dan bunga yaitu pancasila dapat dirasakan seluruh anak bangsa,” pungkas Danny Pomanto. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories