Pemprov Sulsel Beri Perhatian Khusus pada Bantaeng, Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada peringatan Hari Jadi Bantaeng. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Sejumlah sektor menjadi perhatian khusus pemerintah provinsi (Pemprov) Sulsel di Kabupaten Bantaeng. Agar, pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut bisa tumbuh untuk kemajuan Bantaeng.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, sektor-sektor tersebut masing-masing pertanian, perikanan dan industri. Di kawasan Butta Toa, Bantaeng, ketiga sektor itu akan menjadi fokus.

“Kita berkomitmen untuk terus mendorong pemerataan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Andi Sudirman Sulaiman, pada Rapat Paripurna DPRD Bantaeng 768 Tahun Sulsel di Lapangan Seruni Bantaeng, Rabu, 7 Desember 2022.

Untuk tahun 2022 ini, Pemprov Sulsel sendiri telah memberikan sejumlah perhatian untuk Kabupaten Bantaeng. Diantaranya, memberikan bantuan keuangan pengendalian banjir Cekdam Kasiping.

Andi Sudirman Sulaiman kala itu, menyerahkan bantuan keuangan ke Pemkab Bantaeng dengan nilai Rp. 7 miliar pada Juni 2022 lalu. Pembangunan Cekdam Kasiping itu, juga sebagai upaya dalam menjamin ketersediaan air bersih di Bantaeng.

“Karena permasalahan utama tahun lalu dan awal tahun ini juga persoalan banjir dan kita telah memberikan bantuan melalui provinsi,” jelas Andi Sudirman Sulaiman.

Sementara untuk 2021, Pemprov Sulsel mengucurkan Rp 5 miliar bantuan keuangan untuk Bantaeng. Anggaran tersebut untuk menangani ruas jalan Kayu Loe – Lannying yang kini telah dimanfaatkan.

Sementara disektor infrastruktur melakukan rehab wisma nelayan dan penataan PPI Birea, Pokmaswas Marina Indah di Kecamatan Pajukukang. Demikian juga untuk pembangunan lingkungan drainase lingkungan, pembangunan tanggul Sungai Lempar di kelurahan Bonto Langkasa, Kecamatan Bissapu.

Adapun disektor pertanian Pemprov Sulsel menyerahkan bantuan bibit, pupuk organik, hand traktor dan renovasi gedung IKN. Untuk menjaga kelestarian lingkungan Pemprov Sulsel juga melakukan pembangunan dan pengadaan pengelolaan persampahan, penanaman bibit mangrove 38 ribu batang di beberapa titik sepanjang garis pantai Bantaeng.

“Sejumlah rumah ibadah juga menerima bantuan hibah dari Pemprov dengan total Rp 1,7 miliar,” jelas Andi Sudirman Sulaiman.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilhamsyah Azikin menyampaikan, bahwa yang menjadi konsterasi adalah penanganan banjir. Berbagai upaya juga telah dilakukan secara bersama-sama masyarakat.

“Pada kesempatan ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Bantaeng, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Sulsel yang telah membantu pembangunan Cekdam Kasiping,” sebutnya. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories