Pemkot Tanggerang Selatan Ingin Tiru Kinerja Perumda Parkir Makassar Kumpulkan PAD dengan Baik

IST (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Perumda Parkir Makassar Raya menerima kunjungan Tim Pemerintah Tanggerang Selatan terkait Studi Banding, tepatnya di kantor Perumda Parkir, Jalan Hati Mulia, Kecamatan Mariso, Kamis, 16 Mei 2024.

Hal ini dalam penyusunan Dokumen kajian Analisis kebutuhan daerah, sehingga proses pendirian BUMD Kota Tangerang Selatan bisa terpenuhi. Hadir pula pada  rombongan Kabag Perekonomian dan Kadishub Kota Tangerang Selatan.

"Kedatangan mereka mencari kajian dan pembanding bagaimana sebenarnya  mengelola perparkiran,"kata Direktur Utama Perumda Parkir Makassar, Yulianti Tomu didampingi Direktur Umumnya.

Kedepannya, jelas dia, pihak tersebut akan mencoba mendirikan BUMD Parkir di Kota Tanggerang Selatan, agar Pendapatan Asli Daerahnya dapat terbantu.

"Mereka juga berencana mendirikan BUMD sehingga perlu kajian dan Perencanaan yang harus dilengkapi sebagai persyaratan yang di butuhkan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam pendirian BUMD,"ujar Yulianti Tomu.

Lebih jauh, ia berharap kedepannya  pemerintah Kota tangerang selatan juga dapat melakukan pengelolaan Parkir dalam bentuk BUMD.

"Bahwa kontribusi Perumda Parkir Makassar sangat baik untuk  menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkot Makassar.
Sebenarnya bukan belajar ya, saya enggak pakai istilah begitu, tapi kegiatan ini kita sharing pengalaman saja,"tuturnya.

Terpisah, Kepala Bagian Perekonomian, Kota Tanggerang Selatan Ucok AH Siagian, menambahkan, kegiatan ini untuk pembentukan Perseroda di Pemerintah Tanggerang Selatan. Ia pun melihat hasil interaksi ada dua BUMD Parkir yang baik di Indonesia Timur.

"Menurut pandangan kita parkir yang sehat di Kota Makassar. Jadi kami mencoba melihat sebagai mana pengelolaan selama ini, melakukan potensi mereka. Kita apresiasi terhadap Perumda Parkir Makassar begitu baik sistem pengelolaan Parkirnya, sehingga berdampak pada pendapatan mereka,"tuturnya. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories