Pemkot Parepare Usulkan Penerimaan Ratusan PPPK ke Pemerintah Pusat, Utamakan Guru

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Parepare, Adriani Idrus. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com, PAREPARE — Tidak ada penerimaan CPNS pada 2023 untuk Pemerintah Daerah atau Pemda. Kuota yang diberikan ke Pemda hanya untuk penerimaan PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Penjanjian Kerja sebanyak 943.373 orang.

Pemerintah Kota Parepare sendiri melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) mengusulkan kuota ratusan PPPK ke Pemerintah Pusat.

Kepala BKPSDMD Kota Parepare, Adriani Idrus mengatakan, seluruh Pemda di Sulsel termasuk Parepare diundang untuk mengikuti rapat koordinasi khususnya membahas rekrutmen PPPK tenaga guru.

“Kita bersama Pemda di Sulawesi Selatan diundang mengikuti rapat koordinasi terkait hal itu pada tanggal 15 Juni. Yang hadir nanti dari Pemda yang masing-masing diwakili oleh instansi Dinas Pendidikan, BKPSDMD, dan Badan Keuangan Daerah,” kata Adriani. (23/6/2023).

Dia mengungkapkan, tidak ada rekrutmen CPNS untuk Pemda tahun ini. Kuota CPNS diperuntukkan bagi instansi pusat. Formasi yang diberikan untuk instansi daerah hanya kuota PPPK.

“Kita di Parepare usulkan ratusan kuota PPPK yang akan kita perjuangkan di pusat,” ungkap Adriani.

Dia mengemukakan, selama proses pengusulan rekrutmen PPPK, dua Kementerian yang aktif melakukan desk ke Pemda, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan.

“Kementerian Pendidikan dan  Kementerian Kesehatan yang melakukan deks ke Pemda tahun 2023. Soal penetapan usulan PPPK dari setiap Pemda, itu diputuskan pusat sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan Kementerian Keuangan ke setiap pemda,” terang Adriani.

Sebelumnya, Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Alex Denni mengatakan, formasi CPNS 2023 hanya untuk instansi pusat.

“Pemda tidak diberikan formasi CPNS, tetapi khusus PPPK saja. Ini untuk menyelesaikan honorer yang paling banyak tersebar di daerah,” kata Alex Denni di Jakarta.

Pemerintah menyiapkan kuota sebanyak 1.030.751 ASN pada 2023. Kebutuhan ASN 1,03 juta itu mencakup CPNS dan PPPK. Formasi terbanyak untuk instansi daerah. Kuota CPNS dan PPPK untuk instansi pusat sebanyak 46.666 yang tersebar  untuk jabatan dosen, guru, tenaga kesehatan (nakes), dan tenaga teknis lainnya.

Kuota PPPK 2023 untuk instansi daerah sebanyak 943.373 dengan jabatan guru, nakes, dan tenaga teknis lainnya.

Dia menyebutkan, kuota tersebut terbagi untuk PPPK guru sebanyak 580.202,  PPPK nakes 327.542, PPPK tenaga teknis lainnya 35.629. PNS untuk lulusan sekolah kedinasan kuotanya sebanyak 6.259.

Adapun perincian kebutuhan CPNS dan PPPK tahun anggaran 2023, yakni pusat, total kebutuhan sebanyak 46.666. Terdiri CPNS dosen sebanyak 15.858, CPNS tenaga teknis lainnya sebanyak 18.595, PPPK dosen sebanyak 6.742, PPPK guru 12.000, PPPK nakes 12.719 PPPK tenaga teknis lainnya 15.209.  (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories