Pemkot Makassar Lengkapi Akses Wifi di 12 Perpustakaan Binaan

Sekolah

Sebanyak 12 titik perpustakaan kecamatan, kelurahan, kepulauan binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar tahun 2021 akan dilengkapi WiFi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar.

Kepala Seksi Aplikasi dan Telematika, Dr. Jusman, S. Kel., M.Si kepada Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tulus Wulan Juni, sudah meminta data lokasi perpustakaan yang berdiri sendiri dan tidak melekat dengan kantor kecamatan atau kelurahan untuk selanjutnya akan dibantu dengan memberikan fasilitas WiFi.

Untuk perpustakaan yang melekat dengan Kantor kecamatan atau kelurahan fasilitas WiFinya sudah tersedia di kantor tersebut.

Bantuan tersebut tentunya sangat membantu masyarakat di era teknologi dan meningkatkan peran perpustakaan di kecamatan, kelurahan, kepulauan apalagi di tengah pandemi.

“Beberapa Perpustakaan binaan kami ditengah pandemi seperti di perpustakaan Kelurahan Mangasa yang terletak di Terminal Malengkeri menjadi tempat belajar anak-anak untuk menyelesaikan tugas onlinenya.

Fasilitas WiFi yang ada di beberapa perpustakaan sangat terbatas bahkan harus menggunakan kuota sendiri,” ungkap Tulus, dikutip Sabtu (23/1/2021).

Maka dengan bantuan ini, kata Tulus, masyarakat khususnya anak-anak sekolah yang belajar online di perpustakaan dapat terbantu dengan fasilitas WiFi.

Dinas Perpustakaan Kota Makassar saat ini telah melakukan pembinaan di 14 unit perpustakaan umum di kecamatan, 86 unit perpustakaan umum di kelurahan, tujuh unit perpustakaan umum di kepulauan dan dua unit perpustakaan umum yang berada di Mall.

Pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan di kecamatan/ kelurahan dan kepulauan tersebut dibawah tanggung jawab pemerintah kecamatan dan kelurahan masing-masing.

Selain melakukan pembinaan di perpustakaan kecamatan/ kelurahan dan kepulauan, Dinas Perpustakaan Kota Makassar juga melakukan pembinaan perpustakaan yang berada di SD dan SMP.

Sebagian sekolah mulai membenahi perpustakaannya dengan pendampingan program Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Bagikan

Related Stories