Pemkab Maros Terima Mobil Dapur Kebencanaan Dari Kemensos RI

(null)

MAROS -  Pemerintah Kabupaten Maros mendapat bantuan seperangkat mobil dapur lapangan dari Kementerian Sosial RI.

Bantuan mobil yang dilengkapi alat masak secara simbolis diterima bupati Maros , Chaidir Syam dari perwakilan Kemensos, usai  Apel pagi Pegawai Lingkup Pemerintah  Kabupaten Maros diLapangan upacara Palantikang Turikale , Maros, Senin (10/10).

Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan  mobil ini merupakan mobil dapur yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.

Mobil ini merupakan bantuan dari Kementerian Sosial untuk kebencanaan. Maka dengan hadirnya bantuan mobil ini, Pemerintah sudah siap  menyiapkan makanan ditempat pengungsi saat terjadi bencana nanti," ujarnya.

Mantan legislator Maros itu mengungkapkan, hanya dua orang saja yg bisa memasak dalam mobil ini.

"Operator dan petugas yang bisa beraktiftas di atas itu hanya muat dua orang saja. Karena memang mata kompornya juga hanya dua. Tapi peralatan masak yang lengkap bisa digunakan di luar mobil," jelasnya.

Dia menuturkan, dengan hadirnya bantuan mobil ini, pihak Dinas sosial bisa  melayani sekitar 1.000 lebih pengungsi secara langsung.
Pemberian mobil ini merupakan tindak lanjut dari pencanangan kampung bencana beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemkab Maros, Nuryadi menambahkan, mobil dapur lapangan ini merupakan apresiasi Kemensos untuk kegiatan Kampung Siaga Bencana. 
Tidak semua Kabupaten-Kota di Sulsel menerima dan memiliki mobil dapur lapangan senilai Rp. 1 Miliar ini.

Kita memang belum punya mobil dapur lapangan . Kita sangat memerlukan kendaraan ini, makanya bantuan ini tentu sangat membantu. Bahkan jika terjadi bencana, kita biasa pinjam dari kabupaten lain, seperti Pinrang," jelasnya.

Ia berharap, jika kejadian bencana alam nanti terjadi, pihaknya dengan 12 orang peronil bisa lebih cepat lagi membantu warga, tanpa harus meminjam dari kabupaten lain.(*) Adnan Muthalib

Editor: El Putra

Related Stories