Pasangan Petahana Raih Rekomendasi PPP di Pilbup Penyangga Makassar

Politik 16 Feb 2020, By Patrialis Muhammad
Pasangan Petahana Raih Rekomendasi PPP di Pilbup Penyangga Makassar (Istimewa)

Sehari setelah deklarasi, pasangan Bupati-Wakil Bupati Gowa petahana menerima rekomendasi PPP kepada pasangan yang dikenal Adnan-Kio tersebut., Minggu (16/2/2020).

Sebagai informasi, Kabupaten Gowa adalah daerah penyangga utama dari Kota Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan.
Adapun penyerahan surat rekomendasi itu berlangsung di lapangan Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa, dilakukan oleh Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa , yang juga adalah Menteri Perencaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas RI.

“PPP kembali mengamanahkan Bapak Adnan Purichta Ichsan dan Abd Rauf Malaganni untuk kembali mengendarai PPP,” kata Suharso Monoafra sembari menyerahkan surat rekomendasi PPP kepada Adnan.

Saat penyerahan rekomendasi, Suharso didampingi Wakil Ketua Umum PPP, Amir Uskara, dan sejumlah politisi PPP lainnya.

Sehari sebelumnya, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL memantapkan langkahnya maju di Pilkada 2020 dengan etap menggandeng Abdul Rauf Malagani (Kr Kio). Menurut Adnan, kembali merangkul Kr Kio di jilid keduanya karena merasa nyaman.

"Banyak yang menggoda untuk, mengganti Kr Kio, tapi saya tegaskan, saya nyaman dengan Kr Kio. Selama empat tahun kami berpasangan, kami tidak pernah berselisih. Karena kami selalu mengedepankan diskusi sebelum memutuskan sesuatu," kata Adnan saat mendeklarasikan dirinya dengan KR Kio, di gedung Haji Bate, Gowa, Sabtu (15/2/2020).

"Saya bersama, Kr Kio, meminta izin dan restu kepada kalian semua, karena dukungan kalian mampu mendudukkan kami di periode sebelumnya. Maka dari itu, sebelum partai mendeklarasikan mendukung kami, kami terlebih dahulu meminta izin dan restu kepada kalian semua," kata Adnan dihadapan ribuan pendukungnya dan disambut riuh.

Adnan beralasan, kembali menggaet Kr Kio karena ada prinsip almarhum ayahandanya, Ichsan Yasin Limpo, yang diemban hingga saat ini.
"Saya memegang pesan ayahanda saya almarhum, Ichsan Yasin Limpo, bahwa prinsip kita hidup itu, harus Komitmen dan konsisten."

"Di sini saya tidak berbicara program, Saya tidak menjanjikan sembakau dan jabatan kepada kalian semua, tapi saya menjanjikan kabupaten Gowa lebih maju lagi untuk kedepannya," ungkap Adnan disambut teriakan 'Doboloki' yang artinya dua kali.

Terpisah, Kr Kio mengaku tidak pernah berfikiran untuk kembali mendampingi Adnan Purichta. Dia hanya berkomitmen, apapun langkah ponakan menteri pertanian ini, selalu mendukung.

"Saya berterima kasih setinggi - tingginya kepada pak Adnan, yang memilih saya mendampingi beliau untuk kedua kalinya. Saya pernah bilang ke Pak Adnan, tidak usah pikirkan wakil, siapapun yang dipilih saya tetap ada dibelakangnya. Saya ini bukan orang pintar, tapi saya punya komitmen," Kr Kio melanjutkan.

"Tapi dia (Adnan) jawab, saya tidak butuh orang pintar, saya butuh orang jujur, ikhlas dan setia kepada saya.
Maka dari itu, Saya mewakafkan diri saya kepada kita semua di Gowa untuk mendampingi pak Adnan di masa bakti 2020 - 2025. Dan insha Allah, saya tidak akan pernah mengkhianati bapak (Adnan)," kata Kr kio dalam pidatonya.

Kata Kr Kio, untuk membangun hubungan yang langgeng antara pasangan calon, sebagai wakil harus mengetahui tupoksinya dan tidak melangkahi kewenangan bupati.
"Kalau wakil, Jangan pernah berpikir macam - macam, berpikir sebagai wakil saja."

undefined

Patrialis Muhammad