Nurdin Abdullah Bilang Kurva Sulsel Melandai, Faktanya...

Nurdin Abdullah

Usai mengikuti Salat Jumat berjamaah di Masjid Al Markaz Makassar, Jumat (5/6/2020), Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengumumkan bahwa kurva pandemi Covid-19 di Sulawesi Selatan telah melandai.

Bahkan, pria yang memiliki gelar akademik profesor ini juga mengklaim bahwa kondisi itu gambaran kurva angka reproduksi (Rt) Covid-19 di Sulsel cenderung menurun. "Saya hari ini bisa kembali ikut Salat Jumat berjamaah di Masjid Al-Markaz ini. Insyaallah kurva kita sudah mulai menurun, kurva kita terus melandai dan kami sangat bersyukur," ujarnya dalam rilis resmi Pemprov Sulsel.

Sebagai informasi, pelaksanaan Salat Jumat berjamaah di Al Markaz merupakan perdana sejak terbitnya imbauan social distancing yang mencakup aktivitas termasuk rumah ibadah, seiring dengan penetapan pandemi Covid-19 sebagai bencana nasional non alam pada Maret lalu. Kendati demikian, klaim Nurdin Abdullah bahwa kurva pandemi Covid-19 di Sulsel mulai melandai, rupaya bertolak belakang dengan kondisi faktual.

Merujuk pada angka konfirmasi positif Covid-19 di Sulsel per 5 Juni, sudah menyentuh 1.721 pasien terjangkit Covid-19 dengan penambahan konsisten rerata harian. Dari angka tersebut, sebagian besar atau 57,2% adalah kasus aktif yang saat ini dalam perawatan, maupun OTG yang menjalani isolasi.

Persentase pasien sembuh juga tidak mengalami perubahan dalam kurun waktu sebulan terakhir yang relatif stagnan pada angka 37,3%. Beruntung, angka kematian tidak mengalami perubahan dan tertekan pada persentase 5,5%. Merujuk pada data statistik faktual tersebut, klaim Nurdin Abdullah bahwa kurva Covid-19 melandai di Sulsel adalah keliru karena penambahan kasus baru bertumbuh moderat berimplikasi pada bertambahnya kasus aktif.

Kemudian pasien sembuh, tidak mengalami perubahan signifikan dengan kecenderungam grafik yang konservatif. Sehingga, kurva melandai klaim Nurdin Abdullah tidak terkonfirmasi, bahkan jika dikomparasi dengan data Covid-19 Sulsel yang ada di covid19.sulselprov.go.id serta kurva pandemi per provinsi di Tanah Air yang bisa dipantau di website covid19.go.id.

Bagikan

Related Stories