Nasdem Usung Danny, PAN Jagokan None

Politik 20 Feb 2020, By Patrialis Muhammad
Nasdem Usung Danny, PAN Jagokan None (IST)

DPP Partai NasDem telah resmi memberikan dukungan ke mantan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) untuk kembali bertarung di Pemilihan Wali Kota Makassar 2020. DPW NasDem Sulsel meminta Danny langsung melakukan konsolidasi untuk pemenangan.

"Iya benar (DPP NasDem dukung Danny Pomanto di Pilwalkot Makassar)," ujar Sekretaris DPW NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif saat dimintai konfirmasi, Kamis (20/2/2020).

Rekomendasi NasDem ke DPP tertuang dalam surat rekomendasi DPP NasDem nomor: 020-SI/RP/DPP-NasDem/II/2020. Surat ditandatangani Wakil Ketua Umum DPP NasDem Ahmad HM. Ali dan Ketua Koordinator Pemenangan Pemilu NasDem Prananda Surya Paloh.

"Kami minta ke Danny Pomanto untuk lalukan komunikasi politik supaya berkomunikasi dengan partai lain agar bisa menambahkan dukungan partainya. Terus yang kedua komunikasi untuk mencari pasangan, siapa pasangannya yang cocok," ujar Syahar.



Selain itu, Danny juga diminta untuk langsung melakukan konsolidasi ke internal NasDem khususnya DPW NasDem Sulsel.

"Supaya bisa merapikan barisan agar NasDem bisa mengantarkan Danny jadi pemenang di Makassar," ucap Syahar.

Wakil Ketua DPRD Sulsel itu mengatakan DPW NasDem Sulsel saat ini juga terus melakukan komunikasi dengan parpol lain untuk menjalin koalisi mengusung Danny di Makassar. Diketahui, NasDem sebagai parpol pemenang pemilu di Kota Makassar memiliki 6 kursi di DPRD Makassar. Dibutuhkan 4 kursi lagi untuk melengkapi 10 kursi sebagai syarat mengusung pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota.

"Semua partai kita komunikasi (saat ini). Tidak ada yang paling dekat, tidak ada yang paling jauh, semuanya dekat," paparnya.

NasDem Sulsel juga telah mengantongi sejumlah nama bakal calon wakil wali kota untuk dipasangkan bersama Danny. Namun NasDem Sulsel menyerahkan ke Danny terlebih dahulu untuk menjajaki calon wakilnya.

"Sementara diserahkan dulu ke Danny Pomanto, nanti Danny Pomanto mengajukan ke NasDem," tuturnya.

Sementara itu,
Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan mengusung Irman Yasin Limpo alias None pada pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2020. Hal itu tertuang dalam surat tugas DPP PAN yang ditujukan ke None.

"Tim Pilkada pusat menyetujui dan merekomendasikan H Irman Yasin Limpo sebagai calon walikota/wakil walikota Makassar periode 2021-2026," isi surat tugas tersebut.



Sekretaris Tim Desk Pilkada DPW PAN Sulsel, Andi Irfan AB membenarkan surat tugas tersebut. Dia menyebutkan bahwa partainya memang bakal mengusung None untuk Pilwalkot Makassar 2020.

"Rekomendasi kita akan serahkan sebentar malam. Kita berharap bahwa dalam waktu dekat ini, Pak None dapat melengkapi partai dan melengkapi calon wakilnya," kata Irfan.

Di Makassar, PAN hanya mengantongi lima kursi. Sedang syarat untuk mengusung pasangan calon di Pilwalkot Makassar membutuhkan 10 kursi. Artinya, None membutuhkan tambahan lima kursi lagi.

"Sebentar malam kita lihat karena rekomendasinya juga dalam perjalanan dari Jakarta ke sini. Di Hotel Claro penyerahannya," tegasnya.

undefined

Patrialis Muhammad