Mitme.id Buka Pelatihan Online untuk Tingkatkan Kompetensi Digital UMKM

Tingkatkan Seni Berkomunikasi di Media, Permudah UMKM Go Digital (Freepik)

JAKARTA - Media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat modern. Sebuah survei oleh We Are Social menunjukkan bahwa 69% penduduk dunia menggunakan media sosial. Hal ini menjadikan media sosial sebagai platform yang sangat potensial untuk digunakan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan exposure dan penjualan.

Keberadaan media sosial bahkan mengubah mempengaruhi marketing dan pengembangan bisnis bagi pemula. Persaingan bisnis pun semakin ketat, sehingga pelaku usaha dituntut untuk dapat menyusun strategi pemasaran yang efektif. Tanpa strategi yang tepat, menjual produk usaha akan menjadi tugas yang sulit dan berisiko kehilangan pangsa pasar.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Mitme.id membuka Kelas Kreatif #KasihSolusi untuk UMKM yang ingin meningkatkan kompetensi digitalnya pada 31 Januari 2024. Kelas Kreatif Mitme #KasihSolusi batch 1 ini mengangkat tema Seni Berkomunikasi di Media Sosial (Instagram) yang dihadiri oleh puluhan UMKM dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Mitme.id dan Dinas Koperasi dan UMKM dari beberapa kota di Indonesia, salah satunya Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru.

Pelatihan yang digelar secara online ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital UMKM khususnya dalam pengelolaan Instagram sebagai akun media sosial usaha. Kelas Kreatif Mitme #kasihsolusi kali ini menghadirkan Social Media Specialist Penakita.id Reza Giri.

Menurut Mitme Collaborator Partner Fatma Kumala, Instagram menjadi penting dipelajari UMKM karena masuk dalam platform media sosial yang paling populer di Indonesia. Dari laporan We Are Social, pada Oktober 2023 ada sekitar 104,8 juta pengguna Instagram di Indonesia. Jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna Instagram terbanyak keempat di dunia. Hal ini menjadikan Instagram sebagai platform yang sangat potensial untuk digunakan oleh pelaku usaha UMKM untuk mempromosikan produk atau jasa mereka.

"Media sosial adalah salah satu kanal komunikasi yang penting bagi UMKM untuk menjangkau pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi UMKM untuk memahami seni berkomunikasi dan menarik perhatian pelanggan di media sosial," kata Mala, Rabu 31 Januari 2024 di Jakarta.

Mala menjelaskan bahwa mengelola instagram sebagai akun usaha/bisnis meliputi tiga aspek penting, yaitu pemilihan konten yang menarik dan relevan dengan target pasar, penyampaian konten yang jelas dan mudah dipahami, pengelolaan media sosial yang konsisten, serta membuat narasi yang menarik.

“Kalau perlu konten kita yang sudah bagus, narasi caption yang sudah menarik, harus diiklankan agar semakin luas jangkauannya. Bisa pakai ads Instagram, atau disebarkan melalui media pemberitaan,” katanya.

Mala membagikan tips-tips untuk UMKM agar dapat memaksimalkan Instagram sebagai salah satu kanal komunikasi berjualan, yaitu: buatlah akun Instagram yang menarik dan profesional, gunakan hashtag yang tepat untuk menjangkau target pasar, posting konten yang berkualitas secara rutin, dan berinteraksi dengan pelanggan secara aktif.

Salah satu peserta pelatihan, yaitu John Latuny, UMKM asal Ambon mengaku mendapatkan banyak manfaat dari pelatihan ini.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya jadi belajar banyak tentang bagaimana berkomunikasi dengan pelanggan di media sosial," katanya.

“Kayaknya perlu banyak latihan lagi saat pertemuan kelas kreatif. Kalo boleh pas kami latihan bikin kontennya, pemateri langsung memberikan penilaian. Supaya kami makin ahli bikin  konten IG (Instagram) nya,” kata John.

Miteme.id akan terus membuka Kelas Kreatif #KasihSolusi. Diharapkan, kegiatan ini menjadi wadah bagi UMKM bertumbuh dan berkembang.

“Di Februari, Kelas Kreatif Mitme #KasihSolusi akan membahas tentang literasi keuangan digital. Bagi UMKM yang butuh pelatihan ini, boleh segera mendaftarkan diri melalui Instagram @mitme.id karena kuotanya terbatas,” tutup Mala.

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Redaksi pada 01 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Tags KomunikasimediaUMKMBagikan
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories