Mentan Syahrul Ajak Petani Muda Sulsel Go International

Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak para pengusaha muda di Sulawesi Selatan menjadi petani yang go international (orientasi ekspor) di hadapan anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel.

Syahrul Yasin Limpo yang akrab disapa SYL memaparkan potensi pertanian di Indonesia melalui potensi ekspor yang terus membaik sejak menjabat sebagai menteri hingga hari ini.

"Ekspor kita terus membaik dengan nilainya yang terus membaik pula. Salah satunya adalah lahirnya pengusaha millenial yang melihat peluang pasar internasional," ujar SYL, dikutip Minggu (28/11/2021).

Pada kesempatan itu, ia mengemukakan bahwa Kementerian Pertanian sedang melakukan kunjungan ke Eropa dalam rangka mempertemukan antara eksportir dengan para pembeli.

Di hadapan para peserta, SYL bahkan langsung melakukan video call via zoom dengan petani millenial Indonesia yang sedang berkunjung ke Belanda dan Dubai.

Pada saat itu, seorang petani milenial bernama Ade melalui panggilan video mengaku telah memperoleh letter of intent (LoI) sebesar Rp200 miliar dalam kunjungannya.

"Kami optimis eksportnya hingga Rp 5 triliun per tahun," kata Ade via zoom di acara seminar.

Ketua Umum BPD HIPMI Sulawesi Selatan Andi Rahmat Manggabarani menyampaikan latar belakang kegiatan ini sebagai upaya HIPMI untuk mendorong anak muda Sulsel jadi pengusaha go international.

HIPMI Sulsel terus berkomitmen membuka jalan dan bersinergi dengan seluruh pihak dalam upaya lahirkan pengusaha muda pertanian dari Sulsel yang dikenal sebagai lumbung padi nasional.

"Dengan kehadiran Bapak Mentan, putra kebanggaan Sulsel, akan menginspirasi kita semua untuk sukses terutama dari sektor pertanian," kata Andi Rahmat

Selain Mentan SYL, hadir juga Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc sebagai narasumber. Acara Executive Seminar dihadiri pengurus HIPMI Sulsel, BPC HIPMI se Sulsel, penggiat dan pelaku usaha bidang pertanian, mahasiswa dan komunitas pertanian.

Tags PetaniBagikan

Related Stories