Mengenal Inovasi Halo Makassar dari Bappeda, Diluncurkan di Hari Kemerdekaan dan Dipamerkan di Jakarta

Halo Makassar. (IST )

MAKASSARINSIGHT.com - Apa itu Halo Makassar? Inovasi yang idenya berasal dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Helmy Budiman.

Inovasi berbasis digital ini merupakan ide untuk menampilkan semua informasi terkait Kota Makassar, mulai dari penduduk, karakteristik daerah, data tentang potensi investasi dan semua hal yang dibutuhkan oleh investor.

Inovasi ini diluncurkan secara resmi oleh Wali Kota Makassar Danny Pomanto pada peringatan HUT Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 lalu. kemudian inovasi kreatif ini juga diperkenalkan secara luas kepada masyarakat Indonesia saat diikutkan pada pameran di Mall Ambassador bertajuk Jakarta Kreatif Expo 2023.

Kepala Bappeda Makassar Helmy Budiman menjelaskan, inovasi Halo Makassar adalah layanan informasi dan data tentang Kota Makassar yang berkaitan dengan investasi

Kedepan akan dikembangkan menjadi  branding kota yang baru.

"Jadi begitu kita keluar memperkenalkan Makassar kita tidak lagi bawa namanya Pemkot, namanya Bappeda, kita akan menjual secara  umum dan bilang itu Halo Makassar, Itu akan menjadi branding," ucapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Danny Pomanto melaunching empat inovasi bertepatan pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Launching empat inovasi tersebut dilakukan usai upacara bendera dan pembentangan bendera di laut Losari, Anjungan Pantai Losari, Jl Penghibur Kecamatan Ujung Pandang, Kamis (17/8/2023).

Keempat inovasi tersebut, yakni Halo Makassar oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Kedua, Parekma inovasi dari Dinas Pariwisata, kemudian Taurung Ka inovasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga.

Terakhir, Dukcapil Go Digital, inovasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

“Pada momen yang berbahagia pada hari ini, ijinkan kami meluncurkan empat program inovasi terbaru dari Pemerintah Kota Makassar tahun 2023 yaitu Halo Makassar oleh Bappeda, Parekma dari Dinas Pariwisata, Taurung Ka dari Dispora, dan Dukcapil go Digital oleh Dinas Dukcapil,” ucap Danny.

Hadirnya inovasi ini diharapkan semakin menambah banyaknya inovasi program yang dibuat organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Makassar.

Hal itu sejalan dengan target Kota Makassar menjadi kota terinovatif sebagai smart city. (***)
 

Editor: Isman Wahyudi
El Putra

Related Stories