Mengenal Apa Itu Rumah Tusuk Sate, Kenapa Disebut Membawa Sial?

Sering Disebut Membawa Sial, Kenali Lebih Jauh Apa Itu Rumah Tusuk Sate (Istimewa)

MAKASARINSIGHT.com - “Jangan beli rumah tusuk sate, bisa membawa sial,” ucapan seperti ini pastinya sudah tak asing di telinga Anda. Betul, rumah tusuk sate kerap dikaitkan dengan nasib buruk yang menimpa pemiliknya. Apakah memang seperti ini? Sebelum membahas lebih lanjut kenali terlebih dahulu apa itu rumah tusuk sate

Rumah Tusuk Sate 

Rumah tusuk sate adalah rumah yang terletak di ujung tengah persimpangan jalan yang berbentuk T atau pertigaan. Rumah ini terletak sejajar dengan jalan pertigaan yang lurus. Disebut tusuk sate karena jika dilihat dari atas, letak rumah ini menyerupai sate yang ditusuk oleh dua ujung jalan. 

Rumah Tusuk Sate Membawa Sial 

Beberapa mitos yang beredar tentang rumah tusuk sate adalah keberadaannya yang membawa sial. Kesialan ini bisa seperti kemiskinan, penyakit, atau kematian. 

Selain itu rumah tusuk sate juga disebut rawan akan kecelakaan. Baik kecelakaan lalu lintas atau kecelakaan lainnya. 

Baca Juga: 

Dalam bahasa Inggris, rumah tusuk sate disebut dengan T-Junction house. Sama seperti pemahaman yang diyakini oleh orang Indonesia, Dikutip dari laman Feng Shui Nexus T-Junction house diyakini adalah rumah yang buruk jika dilihat dari sisi feng shui. Hal ini menyebabkan penghuninya mendapatkan bencana seperti kehilangan pekerjaan, uang, kesehatan, atau tidak akan hidup bahagia di rumah tersebut. 

Kelebihan Rumah Tusuk Sate 

Meski banyak dicap sebagai pembawa sial, nyatanya banyak orang yang tinggal di rumah tusuk sate dan bisa hidup bahagia. 

Rumah tusuk sate biasanya juga bisa dibeli dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan rumah di lokasi lain karena dianggap kurang menguntungkan secara feng shui dan rawan kecelakaan lalu lintas. 

Tips Membeli Rumah Tusuk Sate 

Pada akhirnya, keputusan untuk membeli rumah tusuk sate atau tidak adalah keputusan pribadi masing-masing orang. Karena setiap orang memiliki pertimbangan dan kebutuhan yang berbeda-beda. 

Namun, ada baiknya ada memperhatikan tips-tips berikut sebelum memutuskan untuk membeli rumah tusuk sate. 

Baca Juga: 

Lokasi yang Aman 

Letaknya yang berada di ujung jalan, membuat rumah tusuk sate rawan kecelakaan, jadi jika memutuskan untuk membelinya pastikan lokasi tersebut aman dari kecelakaan lalu lintas. 

Terlebih jika Anda memiliki anak kecil, pertimbangkan dengan matang risiko membeli rumah tipe ini. 

Perhatikan Desain Rumah 

Rumah tusuk sate yang Anda pilih sebaiknya memiliki desain yang dapat mengurangi risiko seperti pagar yang tinggi untuk alasan keselamatan dan privasi. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 23 Sep 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories