Menang dari Persita Tanpa Diperkuat Sejumlah Pilar Utama, PSM Makassar Nyaman di Puncak Klasemen

Selebrasi pemain PSM Makassar. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - PSM Makassar kembali membuktikan diri sebagai salah satu tim terkuat di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. Pasalnya, bermain di pekan 13, Pasukan Ramang sukses membekuk Persita Tangerang, dengan skor meyakinkan 3-1.

Padahal, pertandingan yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Yogyakarta, Kamis (8/12/2022) itu, sejumlah pilar Juku Eja absen. Sebut saja Wiljan Pluim yang masih menjalani hukuman hingga dari Komdis PSSI, dan sejumlah pemain dipanggil ke Timnas Indonesia.

Masing-masing Ramadhan Sananta, Yakob Sayuri, hingga Muhammad Dzaky Asraf. Belum lagi, di laga tersebut sang nahkoda Bernardo Tavares juga ikut-ikutan absen karena mendapatkan hukuman kartu kuning di laga melawan Persikabo 1973 lalu.

Akan tetapi, kondisi itu bukan berarti apa-apa bagi Arfan dan kawan-kawan. Sebab, melawan Persita Tangerang yang full tim, sukses dimenangkan PSM dengan skor 3-1.

Gol dari PSM Makassar dicetak oleh Everton di menit 34 melalui eksekusi penalti. Namun, keunggulan 1-0 tak bertahan lama setelah Tanggerang sukses menyamakan kedudukan 1-1.

Adalah melalui Ezequiel Vidal yang mampu membobol gawang Reza Arya Pratama di menit 42. Skor babak pertama kemudian imbang 1-1.

Pada babak kedua, tak butuh waktu lama bagi PSM untuk kembali memimpin skor pertandingan. Pasalnya, Yance Sayuri mampu menciptakan gol di menit 59.

Menariknya, gol yang diciptakan Yance terkesan sangat indah. Hal itu, setelah ia menerima umpan lambung dari rekannya dan tanpa pikir panjang langsung dilesatkan melalui sepakan first-time.

Memasuki menit 80, asisten pelatih PSM Amiruddin mencoba melakukan rotasi pemain. Hal itu, setelah melihat sejumlah amunisi yang mulai kelelahan di lapangan.

Mulai dari Everton, Rizky Pratama, hingga Yance ditarik keluar. Sementara pemain yang masuk masing-masing Donald Biasa, Erwin Gutawa, hingga M Hidayat.

Rotasi pemain ini justru membuahkan hasil. Pasalnya, Erwin Gutawa yang membantu serangan mampu mengirimkan bola ke arah Kenzo Nambu.

Gocekan pemain asal Jepang itu di dalam kotak penalti sukses memperdaya pemain belakang Persita. Aksinya, lalu diselesaikan dengan sepakan yang mengarah ke ujung gawang lawan dan merubah skor 3-1.

Sampai akhirnya, skor itu menandakan Pasukan Ramang memenangkan laga hingga Pluit panjang terdengar. Dengan tambahan tiga poin, PSM Makassar sukses memperlebar jarak di puncak klasemen sementara dari pesaingnya dengan mengoleksi 28 poin.

Hebatnya, kemenangan ini juga menandai PSM menjadi satu-satunya tim Liga 1 yang belum menderita kekalahan. Dari 12 laga yang dilakoni, anak asuh Bernardo Tavares sukses meraih 8 kemenangan dan 4 imbang.

Itupun, masih ada satu laga tunda yang belum dijalani PSM Makassar melawan Barito Putera. Adapun di pekan 14 nanti, PSM akan berhadapan dengan Bhayangkara FC, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Senin 12 Desember 2022 mendatang. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories