Mata Kering Bisa Sebabkan Sakit Kepala, Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi mata kering. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com – Jangan menganggap sepele kalau mata Anda kering.  Kondisi mata kering menandakan bahwa mata tidak mampu memproduksi air mata yang cukup. 

Biasanya, mata kering ditandai dengan rasa perih, panas, kesat, atau berpasir di dalam mata. Gejala lainnya berupa mata merah, gatal, dan berair. Kaitan antara mata kering dengan sakit kepala sebenarnya perlu diteliti lebih lanjut. 

Migrain dan  mata kering diduga sama-sama disebabkan karena peradangan, sehingga memengaruhi satu sama lain. Jadi, kamu perlu mengecek kondisi mata jika sering mengalami migrain.

Mata kering bisa menyebabkan sakit kepala (terutama di bagian belakang mata) karena saat terjadi berkepanjangan, air mata terus-menerus keluar sebagai respons iritasi untuk melindungi diri dari pengeringan lebih lanjut.

Untuk mencegah mata kering. Khususnya dengan menghindari paparan asap rokok, hembusan angin kencang, serta berteduh dari cuaca terik dan kering. Atau biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan kacamata saat beraktivitas.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi waktu bermain gadget. Usahakan agar mata mendapatkan waktu istirahat (setidaknya selama 20 detik) untuk memandang sejauh mungkin atau menutup mata sementara, agar mata tidak tegang dan kering. 

Kamu bisa menggunakan alat humidifier untuk melembapkan udara dingin, konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata terutama buah dan sayuran, dan menggunakan obat tetes mata. (***)

 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories