Masa Darurat Pandemik, Hanya Toko Kebutuhan Pangan yang Bisa Tetap Berjualan di Makassar

Wali Kota

Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb mengatakan toko yang menyediakan bahan pokok tetap akan beroperasi di tengah pandemi corona. Ia beralasan ekonomi di Kota Makassar tetap harus berjalan.

Hal itu sebagai langkah pencegahan penanganan Covid-19. Iqbal mengatakan hanya akan menutup toko retail yang sifatnya mengumpulkan banyak orang.

Mengingat, saat ini, Makassar telah berstatus tanggap darurat dengan jumlah kasus tertinggi di Sulsel.

“Untuk toko-toko itu, kita akan segera perintahkan tripika setempat untuk segera ke sana melakukan pengecekan, dan pembatasan,” tegas Iqbal, dikutip Kamis (2/4/2020).

Iqbal pun mendesak agar toko retail mengikuti instruksi tersebut dengan menghentikan waktu operasional untuk sementara waktu.

“Kita sudah berikan intruksi tutup,” ungkapnya.

Iqbal mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan untuk memastikan toko tersebut tutup.

Ia pun meminta masyarakat untuk melaporkan bila masih ada toko retail yang membandel.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Makassar (Kapolrestabes), Yudhiawan Wibisono menyebut, pihaknya segera melakukan penindakan tegas bagi toko yang dimaksud jika memang tetap mengindahkan instruksi dari pemerintah. Sebab, perlu ada physical distance untuk mencegah penyebaran corona.

“Tak terkecuali kita akan tindaki mau itu warkop atau toko-toko yang masih buka kita akan tindaki, tolong sabar dulu selama 14 hari,” tukasnya.

Bagikan

Related Stories