Makin Canggih, WhatsApp Kembangkan Fitur Kirim File Tanpa Internet

Ilustrasi Logo WhatsApp (WhatsApp)

MAKASSAINSIGHT.com - Pengguna WhatsApp kemungkinan akan segera dapat berbagi foto dan file tanpa menggunakan internet.

WhatsApp saat ini tengah mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna Android berbagi file dengan pengguna lainnya tanpa memerlukan koneksi internet.

WhatsApp biasanya mengembangkan beberapa fitur secara bersamaan untuk mempermudah komunikasi.

Fitur terbaru ini dapat menjadi solusi bagi pengguna yang ingin berbagi file di area dengan koneksi internet yang tidak stabil.

Baca Juga: 

Meskipun laporan sebelumnya telah memberikan petunjuk mengenai fitur ini, bocoran terbaru mengungkapkan persyaratan izin yang diperlukan agar fitur ini dapat berfungsi di ponsel Android. 

Tangkapan layar terbaru juga menunjukkan bahwa pengguna dapat mengaktifkan fitur ini segera setelah tersedia.

Berbagi File WhatsApp Tanpa Internet

WABetaInfo melaporkan bahwa WhatsApp sedang mengembangkan fitur ini untuk memungkinkan pengguna berbagi foto, video, musik, dan dokumen tanpa koneksi internet. 

Fungsionalitas ini akan bekerja lebih baik dari yang diharapkan. Semua file yang dibagikan melalui WhatsApp dalam mode ini akan dienkripsi, sehingga sulit bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merusaknya.

Tangkapan layar dari versi beta WhatsApp terbaru untuk Android, yaitu versi 2.24.9.22, menunjukkan bahwa aplikasi pesan ini memerlukan izin untuk menemukan ponsel di sekitarnya yang mendukung fitur ini.

Ini adalah salah satu izin sistem Android yang memungkinkan pemindaian perangkat di sekitar melalui Bluetooth untuk berbagi file lokal. Pengguna perlu memberikan izin ini agar fitur ini dapat digunakan, tetapi mereka dapat mencabut akses tersebut kapan saja.

Tentu saja, WhatsApp memerlukan izin untuk mengakses file sistem, termasuk akses ke galeri foto di ponsel. Aplikasi ini juga memerlukan izin lokasi untuk "menentukan apakah perangkat lain berada dalam jangkauan koneksi." 

Laporan tersebut menyebutkan bahwa WhatsApp akan menyamarkan nomor telepon saat mengenkripsi file yang dibagikan, menjadikan seluruh proses ini aman bagi pengguna.

Baca Juga: 

Fungsionalitas yang akan datang ini sangat mirip dengan cara kerja aplikasi berbagi file peer-to-peer seperti ShareIT. Yaitu dengan mekanisme serupa untuk berbagi file antara dua perangkat tanpa menggunakan koneksi seluler atau Wi-Fi. 

Seperti diketahui, pengguna WhatsApp sering berbagi berbagai jenis file media. Dokumen dan foto adalah jenis file yang paling sering dibagikan. 

WhatsApp belum mengumumkan tanggal peluncuran fitur ini, tetapi karena sedang dalam tahap uji beta, fitur ini seharusnya akan segera hadir.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 23 Apr 2024 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories