Makassar Gratiskan Tes Swab Covid-19 bagi Warga yang Butuh

Covid-19

Pemerintah Kota Makassar siap memfasilitasi masyarakat yang kesulitan mendapatkan layanan uji swab.

Masyarakat diminta untuk menghubungi dinas kesehatan apabila mendapat rintangan di lapangan, ketika hendak melakukan swab.

Belakangan ini, banyak warga yang enggan melakukan pengecekan kesehatan di rumah sakit, lantaran takut di kategorikan sebagai orang dalam pemantauan ODP ataupun pasien dalam pengawasan atau PDP.

Tak hanya itu, mahalnya biaya uji swab yang dibebankan rumah sakit menjadi alasan sejumlah warga tak ingin ke rumah sakit untuk melakukan screening covid. Terkait hal itu, Pemkot Makassar siap memberikanfasilitasi bagi warga yang kesulitan mendapatkan akses layanan swab gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, membenarkan hal itu. Menurutnya, pihaknya siap memberikan mediasi dan fasilitasi terkait rute aksesibilitas untuk mendapatkan layanan swab.

“Kami berubaya agar bisa membantu warga yang kesulitan melakukan tes swab,” ungkap Naisyah kepada wartawan, dikutip Selasa (23/6/2020).


kata Naisyah sejauh ini, di beberapa lokasi isolasi, pemerintah telah menyiapkan layanan pengambilan sampel dan spesimen swab.

Naisyah menambahkan, tidak sulit bagi pemerintah untuk melakukan fasilitasi uji swab bagi masyarakat.
Pasalnya, pemeriksaan sampel swab sudah bisa dilakukan di Makassar tanpa harus di kirim ke Jakarta, dengan ditetapkannya tujuh laboratorium yang bisa melakukan uji swab terhadap spesimen orang bergejala covid.

“Saat ini kan pemeriksaan sampel swab sudah bisa dilakukan di Makassar tanpa harus dikirim ke Jakarta lagi,” tandasnya.

Bagikan

Related Stories