Luhut Sarankan Pemprov Sulsel Bikin Perda Penanaman Mangrove

INT (INT)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyarankan Pemprov Sulsel untuk membuat peraturan daerah (perda) penanaman mangrove.

Hal itu menjadi salah satu perhatiannya saat melakukan penanaman mangrove di Maros, Sulawesi Selatan. Langkah ini dalam rangka percepatan program rehabilitasi mangrove.

“Mangrove merupakan salah satu tanaman yang mampu menyerap emisi karbon yang sampai 12 kali, kalau sudah cukup matang. Jadi saya pikir Pak Gubernur, penanaman mangrove ini sangat penting. Ayo kita tanam mangrove,” ujar Luhut Binsar Panjaitan dalam keterangan tertulis, Jumat (19/8/2022). 

Menko Luhut menyarankan kepada Gubernur Sulawesi Selatan untuk membentuk Perda penanaman mangrove. Menurutnya, restorasi mangrove merupakan persoalan lingkungan yang penting dan dengan harganya yang tidak mahal penanaman mangrove dapat dilaksanakan setiap level.

“Mangrove menyerap emisi karbon tinggi. Target kita 600 ribu hektar, kita harus selesaikan 2024, tahun ini kita targetkan 100 ribu Hektar dapat kita tanami atau lebih," kata Luhut. 

"Bu Siti (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan) pun sangat agresif mengenai ini. Saya dengan Bu Siti, dan Pak Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan) kita jalan terus membangun ini,” tambah dia.

Mengenai penanaman mangrove oleh setiap lapisan masyarakat, Menko Luhut berkelakar jika diperlukan setiap pihak yang mengajukan permohonan ke pemerintah daerah agar menanam mangrove sebagai salah satu syaratnya.

“Kalau kita punya spirit yang sama, kita kerja terintegrasi, kita pasti bisa mengejar target. Saya berharap kalau ada tanah Hak Guna Usaha (HGU) yang terlantar, ambil saja. Pokoknya tanam saja mangrove atau apa saja yang bermanfaat untuk rakyat kita,” tutur Menko Luhut.

Menko Luhut menceritakan upaya awal kerja sama restorasi mangrove tidak berjalan baik, namun begitu target 600 ribu hektar mulai berjalan, menurut Menko Luhut banyak negara investor mulai berdatangan.

Editor: El Putra

Related Stories