Logistik Pilwali Makassar 2020 Sudah Mulai Berdatangan, Akhir Bulan Didistribusikan

Pilwali

Logistik penunjang pelaksanaan Pilwali Makassar 2020 sudah mulai berdatangan dan saat ini telah berada di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar.

Ketua KPU Makassar, Farid Wajdi menyebut ada empat jenis logistik Pilkada Makassar yang telah berada di gudang KPU, yaitu yaitu kotak suara, bilik suara, segel dan tinta. Logistik itu sudah tiba sejak awal pekan ini.

"Selanjutnya akan dilanjutkan dengan hitung, rakit dan pengelompokan," kata Farid, Rabu (18/11/2020).

Dia mengatakan pengiriman logistik untuk Pilkada Makassar belum 100 persen. Pengirimannya dilakukan bertahap karena menyesuaikan kapasitas kontainer.

Dia menyebutkan jumlah bilik yang sudah tiba masih berjumlah sekitar delapan ribu. Pihaknya saat ini masih menghitung berapa total jumlah logistik yang sudah tiba.

"Untuk kotak, kebutuhan kita 2.394 tadi baru kami terima sekitar 2.010. Untuk segel sementara dihitung. Tinta masih dibuka untuk dihitung," kata Farid.

Farid menjelaskan, logistik yang telah diterima tidak langsung didistribusikan karena belum lengkap. Distribusi baru bisa dilakukan setelah logistik lengkap.

"Kalau kota kami distribusikan dalam keadaan terisi. Jadi di situ ada surat suara, alat coblos. Di dalamnya juga ada formulir, sampul, semua perlengkapan TPS termasuk plano dan sebagainya," katanya.

Namun Farid berharap semua logistik sudah tiba di Makassar sebelum tanggal 26 November 2020. Dengan begitu, semua logistik lebih mudah diorganisir.

"Di atas tanggal 26 baru ada aktivitas sortir lipat, baru kita akan distribusi ke seluruh kecamatan di seluruh Kota Makassar," katanya.

Dalam proses distribusinya nanti, KPU mematikan soal pengamanannya karena melibatkan aparat kepolisian.

"Kami koordinasi dengan Polrestabes Makassar untuk memastikan pengamanan logistik kita perginya dan pulangnya," katanya.

Bagikan

Related Stories