Libur Natal dan Tahun Baru Perputaran Uang Capai Rp120 Triliun

Sejumlah penumpang mulai memadati Stasiun Gambir menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memproyeksikan momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bisa berkontribusi hingga Rp120 triliun terhadap perekonomian nasional.

Menurut prediksi Kemenparekraf, lonjakan kunjungan wisatawan pada libur Natal dan Tahun Baru bisa mencapai 107 hingga 110 juta selama periode liburan. Mayoritas akan melakukan aktivitas wisata dengan amplifikasi 2 - 2,5 kali dari perkiraan itu.

Dari jumlah tersebut, kata Sandiaga, diperkirakan terdapat 200 hingga 250 juta pergerakan wisatawan Nusantara. Adapun Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan pengeluaran wisatawan per kunjungan mencapai Rp2,4 hingga Rp2,5 juta.

Baca Juga: 

Sandiaga berharap pergerakan wisatawan Nusantara dapat memberikan kontribusi signifikan pada pergerakan perekonomian. Hal ini juga seiring dengan upaya pemerintah mencapai pertumbuhan di atas 5% dan penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Ini sangat dibutuhkan karena kita ingin pertumbuhan Indonesia di atas 5 persen dan membuka 4,4 juta lapangan kerja baru berkualitas di sektor Parekraf tahun 2024,” ucap Sandiaga, dikutip Rabu, 27 Desember 2023.

Oleh karena itu, dia mendorong masyarakat untuk memanfaatkan potensi pariwisata lokal sebagai alternatif di tengah lonjakan kasus COVID-19 di luar negeri. 

Sandiaga mengungkapkan destinasi wisata di Indonesia menawarkan beragam pengalaman mulai dari wisata sejarah hingga kuliner. Dia memberikan contoh Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa menjadi alternatif liburan keluarga untuk wisata hijau, inklusif, dan pintar. Kemudian Pantjoran Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta menawarkan kuliner dari berbagai negara seperti China, Jepang, Hong Kong, dan Taiwan.

Baca Juga: 

Terkait kasus COVID-19 yang kembali marak di beberapa negara ASEAN, Sandiaga mengimbau agar masyarakat untuk mempertimbangkan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak demi kesehatan dan keselamatan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Saya harapkan wisatawan tetap menjaga protokol, bukan hanya kesehatan, tetapi juga keselamatan. Pastikan libur Natal dan Tahun Baru ini dapat dijalani dengan lancar, aman, nyaman, menyenangkan, membahagiakan, dan menggerakkan perekonomian," kata Sandiaga.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Laila Ramdhini pada 27 Dec 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories