Launching Pustaka Kelurahan Maccini Gusung, Kontainer Makassar Recover Jadi Tempat Belajar dan Bermain

Launching kontainer pustaka Kelurahan Maccini Gusung, Makassar. (IST)

KELURAHAN Maccini Gusung dijadikan lokasi percontohan pembentukan Pustaka Kontainer SIPAKATAU (Smart Inspiring Pustaka Container Unit). Yang pertama kali dicetuskan oleh founder Massikola (Makassar Siap Sekolah) dr. Udin Shaputra Malik bekerja sama dengan Kelurahan Maccini Gusung di lokasi kontainernya yang berada dekat dengan kantor kelurahan. 

Lurah Maccini Gusung, Muhammad Aris, S.Pd., M.Pd., sejak awal sudah berkoordinasi dengan dr. Udin Shaputra Malik sejak akhir Juli 2022. Diawali dengan pendataan Anak Tidak Sekolah (ATS) & Anak Putus Sekolah (APS) bersama Lurah dan RT, baik mendata secara langsung maupun dengan bantuan pendataan dari Laskar Pelangi Dinas Pendidikan. 

Hingga menuju proses Launching tetap dibantu oleh para RT, RW, Staf Kelurahan hingga Pak Lurah.

Tepat pada Hari Sabtu, 20 Agustus 2022, pukul 16.00-17.30 Wita di acara Launching Sekolah Kontainer dan Pustaka Kontainer SIPAKATAU hadir ATS/APS, RT & RW, Staf Kelurahan, beberapa Kepala Sekolah, Relawan Massikola, Lurah Maccini Gusung, Camat Makassar, Ketua Massikola dan Siswa pertukaran Antar Budaya dari Italia, Livy Marsiglia. 

Saat memberikan sepatah kata mengenai program Pustaka Kontainer SIPAKATAU, Bapak Muhammad Aris, S.Pd., M.Pd., selaku lurah Maccini Gusung menyatakan, “Alhamdulillah, Pemerintah kelurahan Maccini Gusung sangat berterima kasih kepada relawan dan Founder gerakan Massikola dr. Udin Shaputra melakukan langkah awal mendukung porgram Walikota. Saya sangat optimis apa yang dilakukan Relawan Massikola ini mampu menurunkan angka Anak Tidak Sekolah dan Putus Sekolah. Semoga kedepannya khususnya di kota Makassar semua anak sudah kembali bersekolah dengan adanya Relawan Massikola yang menginisiasi kegiatan sosial seperti ini”. 

Dilanjutkan sepatah kata oleh Camat Makassar Bapak Drs. H. Akbar Yusuf, M.Si., “Hadirnya program Massikola yang dibawah oleh dr. Udin Malik beserta tim relawan, sangat membantu kami selaku pemerintah kecamatan untuk mendukung program Makassar Siap Sekolah, harapan saya program ini tidak berhenti di kontainer Kelurahan Maccini Gusung, tapi di semua kontainer Kecamatan Makassar”. 

Menimpali pernyataan pak Lurah dan Camat, dr Udin Malik kembali membalas ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintah setempat. Dukungan dan komunikasi yang baik dengan Lurah dan RT selama proses menyiapkan kegiatan ini membuat tim juga nyaman untuk menyiapkan. 

Dalam pernyataannya dr. Udin Malik mengatakan, “Kita ingin semua anak putus sekolah untuk kembali ke sekolah. Namun jika terkendala karena sesuatu hal, kita jadikan program kejar paket menjadi solusi untuk menyatarakan pendidikan mereka sehingga menjadi masa depan yang baik dari situasi jika mereka tidak bersekolah”. 

Setelah seremonial launching acara ditutup, langsung dilanjutkan dengan dr Udin Malik bersama Lurah Maccini Gusung mengecek ATS/APS yang belum mengenal huruf, angka dan tidak tahu menulis. Sehingga kegiatan dilakukan dengan tebak kartu gambar huruf dan angka. Bagi APS yang sudah mengenal huruf dan membaca, langsung diarahkan untuk membaca buku yang tersedia di pustaka Kontainer SIPAKATAU dari donasi sekolah-sekolah. Setelah 30 menit berlalu dengan interaksi dan membaca buku, kemudian siswa kembali mengembalikan buku ke raknya sebagai pembelajaran karakter.

Diakhiri dengan ATS/APS diajak bersama Relawan dan dr Udin untuk ice breaking dan games yang berhadiah susu dan snack. Kegiatan ini untuk memancing semangat kebersamaan, untuk tujuan agar anak-anak ini kembali bersekolah atau mampu menyelesaikan sekolahnya dengan jalur paket sekalipun. Dan di masa yang akan datang menjadi orang yang diharapkan memberi manfaat kepada orang lain.

Editor: El Putra

Related Stories