Lanjutkan Pembangunan Masjid 99 Kubah, Pemprov Sulsel Kucurkan Dana Rp45 Miliar

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna. (IST)

PEMPROV Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali mengucurkan dana Rp45 miliar untuk pengerjaan menara Masjid Kubah 99 Asmaul Husna.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, anggaran Rp45miliar itu digunakan untuk pengerjaan menara besar dan 16 menara lingkar, termasuk pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna.

“Anggaran Rp45 miliar lagi untuk Masjid Kubah 99 Asmaul Husna sedang dalam progres pengerjaan,” kata Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangan tertulis, Minggu 11 September 2022.

Ia mengatakan, pagu anggaran Rp45 miliar untuk tahapan penyelesaian pembangunan Masjid Kubah 99 Asmaul Husna. Sebelumnya, kata dia, Pemprov Sulsel telah mengucurkan dana Rp23,5 miliar untuk mengejar konstruksi masjid.

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna berada di kawasan Centre Point of Indonesia (CPI), Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Mariso,Kota Makassar. Masjid itu pertama kali dipakai beribadah pada bulan Maret 2022.

Masjid rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu masuk dalam salah satu ikon Kota Makassar. Meskipun pembangunannya belum rampung,Masjid Kubah 99 Asmaul Husna tetap digunakan masyarakat untuk salat berjemaah.

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna dilengkapi dengan toko buku dan busana muslim. Pada lantai satu dipakai untuk ruang salat jemaah pria. Sementara lantai dua (mezzanine) digunakan sebagai tempat salat jemaah wanita dan teras view water front.

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna mulai dibangun pada tahun 2017 di masa Syahrul Yasin Limpo menjabat Gubernur Sulsel, Masjid yang didominasi kubah sebagai ciri khasnya memiliki daya tampung 13.075 jemaah, yang terdiri atas 3.880 jemaah di ruang salat, 1.005 jemaah di mezzanine, dan 8.190 jemaah di pelataran suci. (***)

Editor: El Putra

Related Stories