Langkah Otoritas Pacu Tingkat Literasi dan Inklusi Keuangan di Sulsel

Ekonomi Bisnis 17 Okt 2019, By El Putra
Langkah Otoritas Pacu Tingkat Literasi dan Inklusi Keuangan di Sulsel (IST)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulampua akan menggelar kegiatan Expo Literasi dan Inklusi Keuangan, 26-27 Oktober 2019 mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan bersama Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK), akan dilaksanakan di Anjungan Pantai Losari, Makassar.

Kepala OJK Regional 6 Sulmapua, Zulmi menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan karena secara umum literasi dan inklusi masyarakat dalam berbagai industri keuangan masih relatif rendah. Kelompok masyarakat menengah bawah relatif belum mendapatkan akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai kebutuhan dan kemampuannya.

"Hasil Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK 2016 lalu menunjukkan, tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk serta layanan jasa keuangan msih rendah. Hanya 29,7 persen, sementara tingkat inklusi mencapai 67,8 persen," ungkap dia.

Zulmi menjelaskan, sesuai Perpres Nomor 82 Tahun 2016, telah ditetapkan target keuangan inklusif yaitu 75 persen pada akhir 2019. Atau setara 145 juta penduduk dewasa yang memiliki akses lembaga keuangan formal.

"Dengan demikian dibutuhkan sekitar 50 juta rekening baru untuk mencapai target itu. Apalagi telah ditetapkan Perpres Hari Menabung pada tanggal 20 Agustus," tutur Zulmi.

Pada acara ini nantinya, OJK akan memublikasikan dan mengoptimalkan program-program inklusi keuangan antara lain Simpanan Pelajar (SimPel), Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai), Layanan Keuangan Digital (LKD), Bank Wakaf Mikro, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan kredit ultra mikro.

Peserta kegiatan expo adalah seluruh Lembaga Jasa Keuangan di Sulawesi Selatan, UMKM binaan LJK, UMKM binaan pemerintah kabupaten/kota, dan masyarakat umum, dengan jumlah booth sebanyak 143 unit.

Sementara bentuk kegiatan berupa pameran produk UMKM, edukasi produk industri keuangan, donor darah dan medical checkup fun bike, fun walk, fun run, senam fighting, dan lainnya. "Kami juga menyiapkan hadiah grandprize berupa satu unit rumah, motor, emas, tabungan, dan lainnya. Jadi mari ramaikan acara ini nanti," tutup Zulmi.

undefined

Patrialis Muhammad