KPU Makassar Masih Butuh Rp6,8 Miliar untuk Selenggarakan Pilkada

KPU

KPU Kota Makassar membutuhkan anggaran tambahan sebesar Rp6,8 miliar untuk penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi virus corona atau COVID-19. 

"Sore tadi kami baru saja bertemu dengan PJ Wali Kota Makassar menyampaikan usulan anggaran setelah kami melakukan pencermatan dan restrukturisasi anggaran," beber Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar dalam siaran persnya, Senin (22/6/2020).

Gunawan menyampaikan, proyeksi kebutuhan tambahan anggaran pilkada di Makassar sebelumnya diprediksi Rp15 miliar. Dengan rincian, Rp9 miliar kekurangan honor adhoc yang memang KPU Makassar minta sebelum pandemi, dan Rp6 miliar anggaran yang timbul akibat penambahan TPS yang semula hanya 2.099 menjadi 2.390.

Namun kata Gunawan, Pihaknya kembali melakukan pencermatan dengan restrukturisasi anggaran dan efisiensi beberapa kegiatan yang sulit dilaksanakan imbas dari pandemi. Seperti, sosialisasi langsung, deklarasi damai, dan rakor-rakor yang potensi menimbulkan kerumunan.

"Dari hasil pencermatan itu, didapatkan angka tersisa anggaran yang dibutuhkan tinggal Rp11 miliar," ungkap Gunawan.

"Kebutuhan ini, kembali kami cermati dengan mengurangi satuan kebutuhan, plus beberapa item sosialisasi kembali dikurangi, ditambah kami paham kondisi pemkot yang juga butuh banyak anggaran untuk mengatasi COVID. Sehingga akhirnya, kami mengajukan angka akhir penambahan anggaran Rp6,8 miliar," urai Gunawan.

Sebelumnya, anggaran hibah untuk penyelenggaraan pilkada Makassar yang disetujui Pemkot Makassar adalah sebesar Rp78 miliar.

Bagikan

Related Stories