KPK Beraksi di Makassar, Geledah Rumah Pribadi Ketua DPRD Sulsel

KPK

PENYIDIK Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kediaman pribadi Andi Ina Kartika Sari yang merupakan Ketua DPRD Sulsel pada Rabu (2/11/2022). 

Kediaman pribadi Andi Ina Kartika berada di Jalan Pelita Raya, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar. 

 “Informasi yang kami terima,hari ini (2/11) Tim Penyidik KPK melaksanakan penggeledahan di salah satu kediaman pribadi yang berada di jalan Pelita Raya, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar,” ujar Juru Bicara KPK, Ali Fikri seperti dilansir celebesmedia, Rabu (2/11/2022) sore. 

Penggeledahan tersebut terkait dengan penyidikan perkara dugaan suap pemeriksaan laporan keuangan Pemprov Sulsel. 

“Sejauh ini kegiatan masih berlangsung dan perkembangannya akan kami informasikan nanti,” tambahnya. 

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil kembali Ketua DPRD Sulawesi Selatan Ina Kartika Sari untuk keperluan pemeriksaan sebagai saksi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Ina dipanggil untuk tersangka mantan Sekretaris Dinas PUTR Sulsel Edy Rahmat (ER) dalam penyidikan kasus dugaan korupsi pemeriksaan laporan keuangan Pemprov Sulsel pada tahun anggaran 2020 pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR). 

"Hari ini pemeriksaan untuk tersangka ER. Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ipi Maryati Kuding di Jakarta, Jumat (21/10/2022). 

KPK menetapkan lima tersangka dalam kasus tersebut. Sebagai pemberi suap, yaitu ER. 

Sementara itu, selaku penerima suap ialah Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulawesi Tenggara sekaligus mantan Kepala Subauditorat Sulsel I BPK Perwakilan Sulsel Andy Sonny (AS) dan Yohanes Binur Haryanto Manik (YBHM) selaku pemeriksa pada BPK Perwakilan Sulsel. 

Berikutnya Wahid Ikhsan Wahyudin (WIW) selaku mantan pemeriksa pertama BPK Perwakilan Sulsel/Kasubbag Humas dan Tata Usaha BPK Perwakilan Sulsel dan Gilang Gumilar (GG) selaku pemeriksa pada perwakilan BPK Sulsel/staf Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan BPK Sulsel. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories