Komposisi Jajaran Direksi BUMD Makassar, Sebagian Besar Pernah Kandas di Pileg 2019

Perusda

Sebanyak 9 orang jajaran direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kota Makassar dilantik oleh Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, Jumat (31/1/2020).

Para direksi tersebut akan bertugas untuk periode 2020-2025 pada tiga BUMD Pemkot Makassar yakni PD Parkir Makassar Makassar Raya, PD Pasar Makassar Raya dan PD Terminal.

Menariknya, sejumlah nama yang mengisi pos direksi itu berlatar belakang politisi serta pernah mengikuti Pileg 2019 namun akhirnya kandas atau gagal.

Di mulai dari komposisi direksi PD Makassar Raya, yang mana untuk direktur utama dijabat oleh Irhamsyah Gaffar, sebelumnya adalah Kabid Komunikasi Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Selatan.

Lelaki kelahiran Towau Malaysia, 8 April 1975 ini pernah maju dalam perebutan kursi legislatif di Pemilu 2019 melalui daerah pemilihan (dapil) Makassar III.

Masih di PD Parkir, ada nama Andi Faldy Ferdiansyah sebagai direktur umum dengan latar belakang politisi Partai Nasdem dan juga pengusaha.

Dia juga menggeluti usaha Kedai Papa Ong pasca berhenti sebagai legislator Demokrat 2009-2014. Dia juga sempat bertarung di Pileg 2019 namun gagal karena perolehan suaranya berada di bawah raihan Ketua DPRD kota Makassar, Rudianto Lallo.

Selanjutnya adalah Susuman Halim yang dipercayakan sebagai direktur operasional, sempat mencalonkan diri pada Pileg 2019 DPRD Kota Makassar dari Partai Demokrat, namun mantan aktivis HMI ini kalah bersaing dari Arifin Kulle.

Untuk jajaran direksi PD Pasar Makassar Raya juga diisi beberapa caleg gagal, yakni direktur utama Basdir pada Pileg 2019 ikut kontestasi melalui Partai Demokrat untuk DPRD Makassar, namun kandas.

Posisi direktur umum oleh Nuryanto G. Liwang dengan latar belakang politisi Partai Demokrat dan gagal dalam Pileg 2010 lalu untuk DPRD Kota Makassar.

Adapun direktur operasional PD Pasar dijabat oleh Saharuddin, yang latar belakang profesional dan pernah menjadi penanggungjawab Bank Sampah Kota Makassar.

Pada PD Terminal, jabatan direktur utama oleh Arsony yang sebelumnya adalah Wakil Ketua PDIP Kota Makassar, sedangkan direktur umum dan direktur operasional masing-masing dijabat oleh Akhyar Amad serta Omar Abdallah yang keduanya berlatarbelakang swasta.

Meski demikian, seluruh direksi BUMD Kota Makassar ini telah melalui seleksi oleh Tim Pansel yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Makassar.

Bagikan

Related Stories