Kolaborasi Komunitas di Kendari, Pembagian Daging Kurban dengan Daun Jati

Komunitas

Kolaborasi 16 komunitas di Kendari punya cara untuk mengurangi limbah plastik saat pembagian daging kurban nanti. Rencananya, gabungan komunitas yang tergabung dalam Bold Riders, SuperSoccer, dan SuperAdventure ini akan membungkus daging kurban dengan daun pohon jati. Kegiatan ini merupakan bagian dari program bertajuk "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" yang melibatkan 379 komunitas di 42 kota.

Lebih dari 15 ribu anggota dari komunitas besar diantaranya Bold Riders, SuperSoccer, dan SuperAdventure ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini. “Sudah menjadi tradisi di sini membungkus daging dengan daun jati. Ini sekaligus memberikan edukasi ke masyarakat mengenai pentingnya mengurangi limbah plastik dan menjaga lingkungan,” terang La Ode ElfiBahiradad, selaku Koordinator Acara pada Kamis (30/7/2020).

Untuk mendapatkan daun jati ini anggota komunitas harus mencarinya di daerah Konda dan Nanga-nanga yang berada di Kabupaten Konawe Selatan. Sebenarnya pohon jati merupakan tanaman khas Kabupaten Muna, yang dikenal luas sampai mancanegara dengan nama jati raha. Di Kabupaten ini, banyak terdapat pohon jati dan sudah menjadi tradisi sejak dulu, membungkus ikan atau daging dengan menggunakan daun jati sebagai wadahnya.

“Dengan adanya momen kurban ini, komunitas di bawah naungan Bold Riders, SuperSoccer, dan SuperAdventure mencoba menghidupkan kembali tradisi tersebut. Dengan membeli daun jati, komunitas juga membantu para petani untuk mendapatkan tambahan penghasilan,” imbuh Elfi.

Kegiatan kurban komunitas yang tergabung dalam Bold Riders, SuperSoccer, dan SuperAdventure ini akan dipusatkan di masjid yang terletak di Kampung Mandiri Energi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS), yakni perkampungan pemulung yang terletak di Puuwatu. Kampung ini lokasinya berada di area TPAS. “Warga di kampung ini sangat layak mendapatkan daging kurban karena banyak terdapat warga kurang mampu. Nantinya setelah sholat, warga akan mendapatkan kupon dari pihak panitia kurban. Selanjutnya panitia dibantu member komunitas akan membagikan daging kurban ke rumah-rumah warga,” imbuh Elfi. 

Bagikan

Related Stories