Kolaborasi 39 Klub Motor Dukung Kebangkitan Wisata di Pantai Lamangkia

Komunitas Makassar 10 Sep 2020, By Said Mikel
Kolaborasi 39 Klub Motor Dukung Kebangkitan Wisata di Pantai Lamangkia (Istimewa)

Upaya untuk membangkitkan kembali gairah wisata di Pantai Lamangkia yang terletak di Desa Topejawa, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Talakar terus dilakukan sejumlah pihak.

Guna mendukung upaya tersebut, gabungan 39 klub motor di Makassar, Gowa, dan Takalar membuat gebrakan lewat aksi bersama bertajuk Ride(X)plore 2020, akhir pekan lalu. Kolaborasi komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Makassar itu bahu membahu memasang rambu-rambu petunjuk jalan menuju Pantai Lamangkia.

Selain itu, mereka juga membersihkan sampah-sampah di pinggir pantai. Bahkan mereka juga membuat spot foto instagramable yang diharapkan bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Lamangkia.

“Kegiatan Ride(X)plore 2020 ini bertujuan untuk mengangkat pariwisata di Kabupaten Takalar yang sudah lama tenggelam, yakni Pantai Lamangkia. Kami dari Bold Riders Makassar berharap Pantai Lamangkia ini bisa kembali menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi,” ujar Ketua Y-MIC Takalar, Asrul Gunawan, Kamis (10/9/2020).

Menurut Asrul, para bikers dari 39 klub motor ini sangat antusias untuk membangkitkan kembali Pantai Lamangkia yang pesonanya memudar akibat dihantam abrasi 2012 silam. Tak heran jika ratusan bikers ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini menjadi bukti kepedulian kami terhadap perkembangan pariwisata di Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Takalar. Semoga ke depan, Pantai Lamangkia akan semakin ramai dikunjungi dan mampu kembali menunjukkan pesonanya sebagai salah satu destinasi wisata andalan di Takalar,” imbuhnya.

Pendapat senada juga diungkapkan Koordinator Bold Riders Makassar, Muhammad Rizal yang akrab disapa Bombom. Menurutnya, para bikers siap untuk rutin mengadakan kegiatan kopdar sekaligus memviralkan pantai ini.

“Niat dari teman-teman bikers ini tak sekadar ikut membersihkan pantai maupun membuat spot foto. Tetapi akan berusaha meramaikan kembali dan juga ikut aktif mempromosikan wisata Pantai Lamangkia ini melalui media sosial,” tandas Bombom. Aksi dari Bold Riders Makassar ini mendapat respon positif dari Sekretaris Desa Topejawa, Nurjayanti. Menurut Nurjayanti, pihaknya mengapresiasi apa yang telah dilakukan para bikers untuk kemajuan Pantai Lamangkia.

“Alam semesta mendukung kami karena Bold Riders Makassar datang untuk membantu kami. Terima kasih atas kebaikan teman-teman semua,” ucap Nurjayanti. Beberapa bulan terakhir, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Karang Taruna di Topejawa berusaha untuk mengelola yang berjarak 54 kilometer dari Kota Makassar.

Salah satunya dengan mendirikan Birdkas Café yang menjadi salah satu pemantik masyarakat sekitar untuk berkunjung ke Pantai Lamangkia.

“Kehadiran Birdkas Café yang didirikan Bumdes dan dikelola Karang Taruna Topejawa ini memang bertujuan untuk menjadi magnet bagi wisatawan. Dengan begitu, diharapkan Pantai Lamangkia bisa kembali menjadi primadona wisata bagi warga Takalar maupun warga di luar Takalar,” kata Ketua Karang Taruna Topejawa, Muhammad Idris.

undefined

Patrialis Muhammad