Keren! BCA Sabet Predikat Terbaik Private Bank TrenAsia ESG Award 2023

Bank BCA Raih Penghargaan TrenAsia ESG Awards 2023 (TrenAsia)

JAKARTA - Emiten perbankan swasta Tanah Air PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sukses meraih penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan private bank dengan predikat sustainbility.

Keberhasilan Bank BCA meraih penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 tak bisa dilepaskan komitmen perseroan dalam menjalankan lini bisnis Environment Social and Governance (ESG), yakni mengusung Net Zero Emission 2060.

Berdasarkan data yang dihimpun TrenAsia.com, pada paruh pertama 2023, Bank BCA telah menyalurkan kredit pembiayaan ESG sebesar Rp181,2 triliun atau tumbuh sebesar 6,9 persen secara tahunan. Angka tersebut jika dikalkulasikan hanya sebesar 24,3 persen dari total penyaluran kredit kesuluruhan.

Diketahui pembiayaan tersebut disalurkan untuk pembangunan sektor energi baru terbarukan (EBT) dan kendaraan bertenaga baterai listrik. Terbaru, Bank BCA mengucurkan fasilitas kredit senilai Rp250 miliar ke PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) untuk peningkatan modal perseroan terkait produksi dan bus listrik.

Tak hanya itu, untuk merealisasikan lini bisnis yang berkesinambungan dengan lingkungan, Bank BCA juga telah menetapkan angka di bawah 1 persen untuk pembiayaan sektor industri ekstraktif batu bara dari total kredit yang disalurkan.

"Selamat untuk Bank BCA yang meraih TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan private bank. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi dan contoh untuk perusahaan-perusahaan lain di Indonesia," ujar Chief Executive Officer (CEO) PT Tren Media Berjejaring Sukirno sesaat setelah memberikan penghargaan kepada para pemenang di Raffles Jakarta Hotel, Rabu, 30 Agustus 2023.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award Mas Achmad Daniri mengungkapkan Aspek ESG telah menjadi topik yang sangat penting di berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pemerintah, maupun investor. Bahkan, bukan hanya di tingkat global, kesadaran masyarakat Indonesia akan aspek keberlanjutan ini semakin tajam.

“Perusahaan dinilai bukan hanya berdasarkan kinerja keuangan dan program-program tahunan, namun komitmen dan konsistensinya terhadap bisnis berkelanjutan. Dalam proses penilaian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award menemukan banyak fakta menarik dari beragam inisiatif dan implementasi ESG yang telah dilakukan perusahaan, baik dalam laporan maupun fakta di lapangan,” ujar Daniri.

TrenAsia ESG Award 2023

TrenAsia ESG Award 2023 merupakan komitmen TrenAsia.com di bawah naungan Tren Media Berjejaring yang merupakan media online dengan fokus terhadap pemberitaan pada berita ekonomi, bisnis dan investasi. Ajang ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen perusahaan di Indonesia dalam mengelola lini bisnisnya berbasis keberlanjutan.

TrenAsia ESG Award 2023 telah menyaring lebih dari 115 perusahaan di 29 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari Juni hingga Agustus 2023, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021 dan 2022.

Sebagai informasi, tim dewan juri TrenAsia ESG Award 2023 terdiri dari Shinta Widjaja Kamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Wakil Ketua Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility; dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.

Editor: Redaksi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat semua artikel

Related Stories