Kerajinan Atap Konjo Bulukumba Tampil di Kunjungan Wapres RI Ma'ruf Amin

(null)

MAKASSARINSIGHT..com - Salah satu UMKM asal Bulukumba Kerajinan Atap Konjo mendapat kesempatan menampilkan produknya saat kunjungan kerja Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Senin 31 Januari 2022.

Bersama UMKM lainnya dari beberapa kabupaten kota, Kerajinan Atap Konjo menampilkan produk perlengkapan rumah tangga, tas yang terbuat dari daun lontar pada pameran UMKM yang dirangkaikan dengan sosialisasi Mall Pelayanan Publik dan dihadiri oleh kepala daerah se Sulawesi Selatan.

Beberapa produk UMKM kebanggaan Sulsel ditinjau langsung oleh Wapres yang didampingi Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Kantor Gubernur.

Dalam pameran UMKM itu ditampilkan beragam produk. Mulai dari aksesoris, pakaian hingga produk makanan dan minuman.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Abd. Malik Faisal menyampaikan Plt Gubernur selalu berupaya dalam peningkatan dan pengembangan UMKM diantaranya peningkatan kualitas produk melalui konsultasi kemasan produk bagi UMKM, fasilitasi sertifikasi produk, pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan SDM bagi UMKM.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, pada tahun 2019 tercatat lebih dari 940 ribu unit usaha, kemudian menjadi sekitar 1,2 juta pada 2020, dan meningkat lagi jumlahnya menjadi 1,5 juta unit usaha pada 2021.

“Saya melihat potret UMKM di Provinsi Sulsel ini sangat menggembirakan,” puji Wapres saat memimpin Rapat Sosialisasi Mall Pelayanan Publik dan Pemberdayaan UMKM di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

“Saya melihat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan cukup baik karena itu saya minta terus ditingkatkan pelayanannya dan pemberdayaannya (kepada UMKM). Di antaranya (yang dilakukan) memberikan fasilitasi peningkatan kualitas produk melalui konsultasi kemasan produk UMKM, sertifikasi produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan pendaftaran produk UMKM, serta melaksanakan pelatihan vokasi untuk pengembangan SDM UMKM,” sebutnya.

Sulsel, kata Wapres, dikenal sebagai salah satu sentra andalan berbagai komoditas. Baik pertanian dan perkebunan, dan komoditas lainnya.

Ia pun meminta agar Pemerintah Daerah senantiasa dalam memberikan fasilitasi bagi UMKM. “Ini dari hulu ke hilir. Pendampingan dari SDM-nya, kemasan, legalitas, permodalan, dan promosi. Serta bisa difasilitasi sampai di ekspor sampai di mancanegara. Ini saya kira produk kita sekarang, sudah mulai banyak diekspor. Kita dorong supaya kualitasnya lebih baik,” jelasnya.

“Saya optimis, (pengembangan dan pemberdayaan) UMKM kalau kita terus bekerjasama, pasti akan berhasil. Saya lihat ada kemauan keras di Sulsel,” akunya.

Untuk diketahui, kehadiran Wapres di Sulsel untuk memberikan pengarahannya pada Rapat Sosialisasi Mall Pelayanan Publik dan Pemberdayaan UMKM dan serangkaian kegiatan lainnya.

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories