Kepala Bappeda Makassar Ikuti Program Australia Awards Fellowships di Melbourne

(null)

MAKASSARINSIGHT.com - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Helmy Budiman berdasama Kabid Infrastruktur serta Pengembangan Wilayah Bappeda Kota Makassar, A. Irwan Andanawijaya, telah bergabung dalam Program Australia Awards Fellowships "Integrating research findings into policy and program decision-making: Makassar-Parepare railway line" di Melbourne, Australia.

Kegiatan ini berlangsung selama 11 hari, dimulai sejak tanggal 23 Oktober 2023 dan akan berakhir pada 3 November 2023 mendatang.

Para peserta program ini tak hanya mendengarkan presentasi dari Prof Ravi Ravitharan di Monash Clayton tentang jaringan kereta di seluruh dunia, tetapi juga belajar tentang kebijakan dan kerja sama selama kunjungan ke Universitas Melbourne.

Para peserta juga diajak berkeliling kampus oleh Prof Hemanta Doloi dan Emma Eldridge, dua tokoh yang ahli dalam bidang lingkungan binaan.

Kegiatan selanjutnya, peserta program menjelajahi sistem kereta dan trem di Melbourne untuk memahami bagaimana interkoneksi bekerja dalam sebuah kota besar. Dibimbing oleh Prof Hemanta Doloi dan Emma Eldridge dari Melbourne School of Design.

Tur tersebut termasuk kunjungan studi ke Gedung Glyn Davis, sebuah laboratorium skala besar untuk pendidikan dan penelitian di bidang lingkungan binaan.

Tujuan dari kunjungan ini adalah saat para peserta berkumpul di Ruang Jepang untuk memulai proyek kelompok yang dipandu oleh Prof Doloi dan Associate Fellow AICPAIR Dr Imam Muthohar dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Semua ini adalah bagian dari upaya yang sangat penting untuk mengintegrasikan hasil penelitian ke dalam kebijakan dan pengambilan keputusan program, terutama terkait dengan jalur kereta api Makassar-Parepare.

Para peserta diharapkan akan membawa kembali pengetahuan berharga ini untuk mendukung pembangunan wilayah yang lebih baik di Indonesia. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories