Kementerian PUPR Siapkan Rp204 Miliar Perbaiki Ruas Maros - Bone

Menteri PUPR, Mochamad Basoeki Hadimoeljono (ujung kiri) bersama Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (ujung kanan) (Instagram)

PEMERINTAH Pusat melalui Kementerian PUPR akhirnya menyetujui usulan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, untuk penanganan jalan nasional ruas  Maros - Bone.

Kabarnya  jalan yang dianggarkan sebesar Rp204 miliar tersebut, akan dikerjakan dengan skema multiyears atau tahun jamak.

"Alhamdulillah, sedang lelang Rp204 miliar Tahun Anggaran 2022-2024, untuk preservasi jalan nasional pada ruas Maros - Bone. Kami sudah koordinasi dengan Balai Jalan Nasional dan Insyaallah tahun jamak, mulai tahun ini dikerjakan," kata Sudirman melalui keterangan tertulisnya, Minggu 31 Juli 2022.

Sudirman Sulaiman mengaku, ini sebagai wujud bukti kepedulian Presiden Joko Widodo terhadap Provinsi Sulsel.

"Terima kasih telah merespon cepat dengan merealisasikan keluhan dan usulan kami, untuk ruas Maros - batas Kabupaten Bone," ucapnya.

Selama ini jalan tersebut sudah sangat dikeluhkan masyarakat, lantaran akses ini padat pelintas, dan sering terjadi kemacetan mengingat jalan yang sempit.

"Jalan ini daerah rawan kecelakaan setiap waktu, yang menghambat sistem distribusi barang dan jasa dari Mamminasata menuju Bone. Jalan ini menjadi urat nadi perekonomian Sulsel terhadap kabupaten Bosowasi (Bone, Soppeng, Wajo, dan Sinjai) dan Provinsi Sulawesi Tenggara," ujarnya.

Secara bertahap, disebutkan   Sudirman, pihaknya juga intens berkolaborasi dengan kementerian, guna menangani berbagai ruas jalan nasional lainnya yang ada di Sulsel.

"Termasuk upaya pembangunan kembali jalan Mamminasata, Jalan Nasional Maros-Pare, Luwu Raya, Toraja, dan lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel Reiza Setiawan menyampaikan, bahwa paket preservasi jalan Maros - Batas Kabupaten Bone ini dengan panjang penanganan kurang lebih 31 kilometer.

Penanganan yang dilakukan berupa pelebaran menuju standar, rehab mayor, dan rehab minor. "Dengan pagu lelang Rp204 miliar melalui usulan Kontrak Tahun Jamak 2022-2024," tandasnya.***

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories