Kalah dari Indonesia, Pelatih Vietnam Salahkan Wasit

Pemain Timnas Indonesia U-16 melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Timnas Vietnam. (Instagram:PSSI)

GARUDA muda berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Vietnam dalam laga fase grup Piala AFF U-16 2022  yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu malam, 6 Agustus 2022.

Di laga itu, gol semata wayang Vietnam terciptq melalui titik putih. Wasit  Warintorn  Sassadee  dari Thailand menilai Rizdjar Nurifat melanggar Le Dinh Long Vu di kotak penalti. Eksekusi penalti Nguyen Cong Phuong menipu kiper Andrika Fathir sehingga membuat Vietnam memimpin.

Keunggulan Vietnam terjaga hingga babak pertama usai. Pada awal babak kedua Timnas Indonesia U-16 terus berupaya mencetak gol, seperti pada menit-menit awal babak pertama.

Namun skor menjadi imbang 1-1 pada menit ke-51, gol penyama kedudukan PSM tercipta berawal dari Narendra Tegar Islami yang  melakukan pergerakan dari lini tengah kemudian melebar ke sisi kiri.

Kemudian  mengirim umpan crossing ke Arkhan Kaka Putra yang bisa menuntaskan peluang dengan sundulan.

Tiga menit berselang Muhammad Nabil Asyura menuntaskan sebuah skema serangan balik. Dengan tenang Nabil menaklukkan kiper lawan melalui finishing kaki kanan dari dalam kotak penalti sehingga Indonesia berbalik unggul 2-1.
Hingga laga bubar skor 2-1 untuk Timnas Indonesia U-16 tetap bertahan.

Atas kekalahan itu, Pelatih timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, menyalahkan wasit. Dia
menilai wasit tidak mengambil keputusan dengan benar ketika anak asuhnya berhadapan dengan Timnas Indonesia U-16 pada laga penyisihan grup Piala AFF U-16.

Quoc Tuan dengan gamblang menyebut faktor wasit menjadi salah satu penyebab kekalahan Vietnam U-16 dalam laga perebutan juara Grup A Piala AFF U-16 2022.

"Selamat untuk Indonesia atas kemenangan yang diraih. Untuk kami, kami berjuang di bawah tekanan dari fans dan dari keputusan wasit yang hari ini tidak bagus," kata Quoc Tuan dalam konferensi pers usai laga.***

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories