Kadispar Makassar Muhammad Roem Wakili Indonesia pada Internasional Quality Tourism Conference pertama di Bali

Kepala Dinas Pariwisata Makassar Muhammad Roem. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com, BALI – Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem, mewakili Indonesia sebagai delegasi dalam 1st International Quality Tourism Conference 2024 yang diselenggarakan pada Kamis dan Jumat, 29-30 Agustus 2024, di The Meru Sanur, Bali.

Indonesia Quality Tourism Conference (IQTC) merupakan inisiatif pertama yang diadakan di Indonesia oleh pemerintah bersama berbagai pemangku kepentingan di sektor pariwisata. Konferensi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya penerapan pariwisata berkualitas di destinasi-destinasi kawasan ASEAN+3. 

Selain itu, acara ini juga berfokus pada mendorong standarisasi praktik pariwisata berkualitas, pengembangan strategi akselerasi di tingkat regional, serta penetapan standar yang terukur untuk kawasan ASEAN+3.

Baca Juga: 

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 300 partisipan, termasuk pembuat kebijakan dari berbagai kementerian, lembaga, pemerintah daerah, akademisi, industri pariwisata, asosiasi pariwisata, serta organisasi internasional. Diharapkan, konferensi ini dapat memperkuat pola pikir dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan dan meningkatkan Travel & Tourism Development Index (TTDI) Indonesia.

Adapun outcome yang ingin dicapai dari pelaksanaan sesi eksekutif meeting ini adalah terciptanya kolaborasi nyata antara Kemenkomarves, Kemenparekraf, dan World Economic Forum (WEF) dalam mengidentifikasi strategi kebijakan yang mampu mendorong peningkatan peringkat TTDI Indonesia melalui pembangunan pariwisata berkualitas.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem mengatakan, acara ini menjadi langkah strategis sekaligus cara kolaborasi dengan WEF untuk membahas langkah-langkah peningkatan peringkat pariwisata Indonesia menjadi 15 besar di dunia dan Kota Makassar ingin mengambil peran dalam pencapaian itu.

Editor: Isman Wahyudi

Related Stories