Kabar Gembira, 300 Pasien Sumbuh dari Corona di RS Dadi Makassar

Corona

Sebanyak 300 pasien COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Khusus (RSK) Dadi, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, dinyatakan sembuh setelah melalui masa isolasi dan perawatan intensif.

"Jumlah pasien COVID-19 yang kita rawat selama ini sudah 779 orang, dan yang sudah sembuh sekitar 300 orang lebih. Sedangkan meninggal dunia sebanyak 58 orang," ujar Direktur RSK Dadi, dr Arman Bausat di rumah sakit setempat, dilansir Minggu (19/7/2020).

Menurut dia, dari jumlah pasien positif itu, bila dipresentasekan tingkat kesembuhan tercapai sekitar 40 persen. Namun demikian, tentu saja masih ada pasien yang perlu perawatan dan membutuhkan perhatian dari tenaga kesehatan, mengingat jumlahnya akan terus bertambah.

Tidak hanya itu, sebelum dikeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) oleh Terawan Agus Putranto bernomor HK.01.07/Menkes/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19, kata dia, pasien belum bisa dipulangkan dan tetap menjalani isolasi sampai hasil tes usap atau swab yang kedua keluar berstatus negatif.

Sementara dalam KMK baru itu dijelaskan, bagi pasien terkonfimasi positif hasil tes usap hanya sekali dilakukan, selanjutnya dirawat maupun diisolasi minimal 10 hari atau lebih sampai gejalanya hilang, lalu ditambah tiga hari, untuk memastikan kesembuhannya setelah itu dipulangkan.

Sedangkan untuk tes usap kedua, seperti pada aturan lama, kata Arman, tidak lagi diberlakukan, sebab dalam aturan baru, tes usap hanya merujuk pada hasil tes yang pertama. Begitupun status Orang Dalam Pengawasan (PDP) berubah menjadi Suspek COVID-19.

Bagikan
Rizal Nafkar

Related Stories