Jelang Lebaran, Ini 6 Cara yang Bisa Dicoba untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anda

Penting Saat Lebaran! 6 Cara Meningkatkan Keterampilan Sosial Anda (Pexels)

MAKASSARINSIGHT.com - Momen Lebaran adalah momen dimana kita akan bertemu dengan banyak orang seperti keluarga, teman, bahkan tetangga.

Berada di situasi sosial menuntut Anda untuk dapat bersosialisasi dengan baik. Bagi beberapa orang, bersosialisasi menjadi sesuatu yang menakutkan terlebih apabila suasana menjadi canggung.

Berikut ini rangkuman 6 cara meningkatkan keterampilan sosial Anda!

1. Berpura-pura sampai berhasil

Berpura-pura seperti Anda nyaman dengan suatu situasi sosial seiring berjalannya waktu akan membuat Anda benar-benar nyaman dalam besosialisasi.

Baca Juga: 

Tersenyumlah untuk menipu otak Anda, otak akan mengirimkan sinyal bahwa Anda bahagia dan menikmati momen bersosialisasi ini.

2. Latihan dari hal kecil

Anda bisa karena terbiasa. Semakin Anda berlatih semakin baik pula keterampilan sosial Anda.

Cobalah untuk mulai melatih keterampilan sosial Anda sesederhana dengan mengucapkan "terima kasih" kepada kasir saat berbelanja. Setelahnya, Anda dapat meningkatkan latihan Anda berbasa-basi secara bertahap kepada orang asing seperti tukang parkir atau pedagang kaki lima.

3. Ajukan pertanyaan terbuka

Mulailah berbincang dengan menanyakan pertanyaan terbuka. Alih-alih dijawab dengan "ya" atau "tidak", pertanyaan terbuka memancing seseorang untuk memberikan informasi lebih tentang pokok bahasan.

4. Pujilah

Pujian bisa menjadi cara yang efektif untuk membuka percakapan. Pujian dapat menunjukkan jika Anda ramah dan peduli dengan orang lain.

Cobalah untuk memuji sesuatu yang mereka kenakan seperti baju lebaran, aksesoris, atau gaya hijab.

5. Perhatikan bahasa tubuh

Komunikasi nonverbal tak kalah penting dengan komunikasi verbal. Perhatikan bahasa tubuh Anda. Bahasa tubuh yang penting untuk diperhatikan seperti kontak mata, gerakan tangan, dan anggukan kepala.

Anggukan dapat menjadi tanda bahwa Anda benar-benar tertarik dengan apa yang mereka katakan.

6. Hempaskan pikiran negatif

Terkadang yang menghalangi kita adalah pikiran kita sendri. Kenali segera ketika pikiran negatif datang dan gantilah dengan pikiran-pikiran positif seperti "Ini mudah, Saya bisa berbincang dengan dia".

Baca Juga: 

Nah berikut tadi adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan sosial Anda. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 19 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories