Jelang Akhir Tahun, Harga Sembako Diperhatikan KPPU Makassar

Pangan

Pihak Kantor Wilayah VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar memperketat pemantauan jalur distribusi sembako dan komoditi strategis untuk menekan kenaikan harga sembako di lapangan.

"Tugas KPPU Makassar lebih pada pemantauan jalur distribusi sembako dan komoditi pada masa tingkat kebutuhan meningkat seperti saat ini," kata Kakanwil VI Makassar Hilman Pujana di Makassar, Minggu (26/12/2021).

Dia mengatakan, untuk pendistribusian cabai memang mengalami penurunan produksi dan dari segi penyaluran distribusi dari hulu ke hilir cukup berjalan lancar.

Namun karena hukum ekonomi yang berlaku, lanjut dia, suplai dan demand yang tidak berimbang, sehingga terjadi lonjakan harga.

Harga cabai Rp85 ribu per liter, yang sebelumnya pada saat normal hanya Rp20 ribu per liter. Sedang minyak goreng yang sebelumnya Rp25 ribu per 2 liter, naik menjadi Rp40 ribu per 2 liter.

Sementara menindaklanjuti instruksi Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman untuk melakukan Operasi Pasar (OP), pihak Bulog Sulawesi Selatan melakukan OP di lokasi yang mengalami kenaikan harga.

Salah seorang pembeli di Pasar Maricayya, Makassar Nursia mengatakan, setelah dilakukan OP, maka harga minyak goreng sudah mulai menurun.

"Kalau sebelumnya harga minyak goreng Rp40 ribu per 2 liter, maka sekarang sudah mulai turun tipis Rp38 ribu per 2 liter," ujarnya.

Tags sembakoBagikan

Related Stories