Jadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani Mundur dari Wamen BUMN

Rosan Roeslani. (Istimewa)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Wakil Menteri BUMN II Rosan Roeslani mundur dari jabatannya usai didapuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Presiden 2024. Pengunduran diri Rosan telah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu, 25 Oktober 2023. 

“Presiden telah mengabulkan permohonan pengunduran diri Wamen BUMN II, Rosan P. Roeslani. Wamen BUMN ini secara resmi diberhentikan dengan hormat melalui Keppres tertanggal 25 Oktober 2023,” ujar Koordinator Staf Khusus Presiden RI AAGN Ari Dwipayana dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Rabu.

Terhitung Rosan menduduki jabatan tersebut selama 3 bulan 8 hari terhitung sejak dilantik oleh Presiden Jokowi pada pada 17 Juli 2023. Ia dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 32/M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: 

Selain mundur dari jabatan Wamen BUMN II, Rosan juga mundur dari jabatannya sebagai wakil komisaris utama PT Pertamina (Persero). Hal tersebut dibenarkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ahok menyebut Rosan telah mengundurkan diri dari BUMN di bidang minyak dan gas itu per tanggal 25 Oktober 2023.

Diektahui, Rosan Roeslani resmi menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional pasangan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka Prabowo menujuk Rosan sebagai ketua tim saat dirinya memberikan sambutan dalam deklarasi di Indonesia Arena, GBK sebelum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Yang saya hormati, bapak Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju,” ujar Prabowo, dipantau secara daring melalui saluran Youtube Partai Gerindra, Rabu, 25 Oktober 2023. Rosan bakal didampingi oleh Bahlil Lahadalia sebagai wakil Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran. 

Baca Juga: 

Sebelum menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Rosan pernah menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Pria kelahiran Jakarta 31 Desember 1968 ini juga sempat ditugaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai duta besar (dubes) di Indonesia untuk Amerika Serikat yang dilantik pada 25 Oktober 2021.

Dalam bidang perekonomian, pria bernama lengkap Rosan Perkasa Roeslan memiliki sederet karier yang mentereng. Latar belakangnya sebagai pengusaha membuat tidak heran jika Rosan pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2015-2021. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 25 Oct 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories