Ini Pulau yang Pertama Kali Tidak Layak Huni karena Perubahan Iklim

Mundoo, Atol Laamu, Maladewa (null)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA- Perubahan iklim meningkatkan permukaan air laut, dan banyak pulau di dataran rendah yang terancam.  Lantas permukiman mana yang pertama harus ditinggalkan penghuninya?

Sekitar satu juta orang tinggal di atol karang seperti yang ada di Maladewa, Tuvalu, Kiribati, dan Kepulauan Marshall. Ketinggian pulau-pulau ini hanya beberapa meter saja hingga  menjadikannya salah satu tempat yang paling berisiko terhadap naiknya air laut akibat perubahan iklim. 

Lima pulau tak berpenghuni di Kepulauan Solomon telah lenyap ditelan gelombang dalam satu abad terakhir. 

Maladewa, Kiribati, Tuvalu, dan Kepulauan Marshall memiliki persentase wilayah berisiko tertinggi karena semuanya merupakan pulau atol. Negara-negara lain juga memiliki pulau-pulau yang letaknya rendah, namun memiliki lebih banyak dataran tinggi yang bisa dijadikan tempat pengungsian. 

Baca Juga: 

Jadi, pulau-pulau dataran rendah manakah yang akan terendam air – dan tidak dapat dihuni – paling cepat akibat perubahan iklim? Ternyata pertanyaan itu mustahil dijawab. Empat pulau ini menggambarkan alasannya.

Mainadhoo, Atol Huvadhoo, Maladewa

Pertama, para ilmuwan tidak memiliki data ketinggian yang akurat untuk banyak pulau-pulau terpencil ini. Bahkan  jika mereka memilikinya, informasi tersebut tidak dapat memprediksi kapan pulau-pulau tersebut akan tenggelam. 

“Pulau atol adalah tempat yang sangat dinamis,” kata Geronimo Gussmann , peneliti di Forum Iklim Global. “Bentuknya berubah, mereka tumbuh di ketinggian. Kadang-kadang mereka bergabung dengan sangat cepat.” 

Pasir dapat menumbuhkan pulau-pulau terumbu karang seperti itu. Mereka mendapatkan pasir baru dari terumbu karang, dan pemanasan global membunuh karang. Pada suhu tambahan 3,6 derajat Fahrenheit (2 derajat Celcius), 99% terumbu karang mati. Pada suhu 2,7 F (1,5 C), beberapa karang tetap ada.  Kesehatan karang akan menentukan pulau mana yang mampu mengimbangi kenaikan air pasang.

Roi-Namur, Atol Kwajalein, Kepulauan Marshall

Pulau-pulau juga tidak perlu hilang agar tidak bisa dihuni. Salah satu penyebabnya adalah ketika ombak melanda pulau-pulau yang letaknya rendah, air tanah segar akan terkontaminasi dengan garam. Laut yang lebih tinggi berarti seringnya terjadi banjir, dan air tanah tidak dapat pulih dari genangan harian atau bahkan tahunan: pohon-pohon pangan mati dan air harus diimpor. 

Baca Juga: 

Makalah tahun 2018 di Science Advances menganalisis banjir di Roi-Namur di Kepulauan Marshall. Laporan tersebut memperkirakan  sebagian besar pulau-pulau atol tidak akan memiliki air minum pada tahun 2060an  (jika tujuan iklim global tidak tercapai) atau pada tahun 2030an jika lapisan es runtuh karena “skenario terburuk” perubahan iklim. Ribuan penduduk Kepulauan Marshall telah beremigrasi .

Mundoo, Atol Laamu, Maladewa

Banyak penduduk pulau yang beradaptasi, meskipun terjadi banjir besar, sehingga mendefinisikan “layak huni” saja tidaklah mudah. “Ini seperti menusuk sarang lebah,” kata Gussmann kepada Live Science Minggu 12 November 2023.

Hanya beberapa blok lebarnya di ujung terluas, pulau Mundoo di Maladewa memiliki sekolah, pantai yang indah, dan sejumlah tim olahraga. Jumlah penduduknya kurang dari 200 orang di sini – namun jumlah tersebut pun cukup mengejutkan.

Pada tahun 2004, banjir menghancurkan Mundoo dan negara tetangga Kalhaidhoo. Pemerintah mengumumkan bahwa kedua pulau tersebut tidak akan berpenghuni di masa mendatang.  “Mundoo pada dasarnya tidak menerima investasi sektor publik,” kata Gussmann. Namun banyak keluarga Mundoo yang pindah kembali. Pulau-pulau yang tidak mendapat pendanaan dari pemerintah pusat, kata Gussmann, mungkin akan menjadi tidak berpenghuni terlebih dahulu, namun kemauan politik bisa membawa kejutan.

Fongafale, Atol Funafuti, Tuvalu

Daerah perkotaan menerima lebih banyak investasi dibandingkan daerah pedesaan, namun mereka juga menghadapi tantangan. Tuvalu, ibu kota pulau Fongafale, adalah rumah bagi sekitar 4.000 orang. Pada tahun 2100, 95% pulau ini mungkin akan dilanda banjir saat air pasang. 

Baca Juga: 

Untuk mengatasi hal ini, Tuvalu baru-baru ini menambahkan dataran tinggi buatan di salah satu sisi pulau. Rencana jangka panjangnya melibatkan perluasan pulau sekitar 50%, kemudian pada akhirnya meninggikan kedua sisinya.

Namun analisis terhadap berbagai faktor risiko pada tahun 2022 menemukan bahwa upaya perlindungan ini pun mungkin tidak membuat pulau-pulau tersebut tetap layak huni. Ini karena menurunnya ekosistem akan merugikan pariwisata, perikanan, dan kemampuan penduduk pulau untuk mendanai solusi. 

Skala dan kecepatan upaya global untuk membatasi perubahan iklim akan menghasilkan perbedaan yang nyata. Pada akhirnya, kepulauan dan komunitas pulau mana yang dapat bertahan akan sangat bergantung pada bagaimana negara-negara lain meresponsnya. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 13 Nov 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories