Ini Jenis Sifat Toksik Yang Sering Dijumpai, Yuk Hindari

Ilustrasi.

MAKASSARINSIGHT.com - Dalam kehidupan bermasyarakat, sifat toksik seringkali dijumpai. Biasanya, mereka yang memiliki sifat toksik cenderung ingin memanfaatkan orang lain.

Tak hanya itu, mereka yang punya sifat toksik sering memperdaya korbannya untuk terjebak sebuah masalah yang seharusnya tidak dialami hingga mengambinghitamkannya.

Mengutip laman Science of People Sabtu, 11 Februari 2023, sifat toksik yang ada dalam masyarakat rupanya tak hanya satu. Untuk mewaspadainya, berikut daftarnya:

1. Si Tukang Kritik

Sifat toksis yang satu ini cenderung memiliki perilaku yang buruk dan suka mengatur dan mengontrol orang lain. Biasanya, mereka membuat komentar menjatuhkan dan menganggapnya sebagai lelucon saat bertemu orang lain.

Orang yang memiliki sifat ini biasanya tak bertujuan untuk mempengaruhi Anda. Targetnya adalah orang lain supaya mereka tak memberi perhatian pada Anda. Mereka menjatuhkan Anda hanya untuk merasa lebih baik.

2. Si Pemberontak

Punya sifat berani menghadapi apapun biasanya tampak menyenangkan dan penuh gairah. Namun bagi mereka yang terlalu sering memberontak, tentunya bisa menyeret Anda ke dalam masaah.

Biaanya, orang yang punya sifat pemberontak cenderung tidak stabil dan membuat Anda terkuras energi dan tenaganya. Tak hanya itu, mereka juga kurang bertanggung jawab sehingga dapat membebani Anda.

3. Si Penggerutu

Si penggerutu adalah orang yang tidak pernah merasa puas dengan apa pun yang mereka miliki. Akibatnya, mereka menghabiskan banyak waktu untuk mengeluh tentang dunia yang mereka anggap tidak adil.

Si penggerutu kemungkinan juga memberikan penilaian yang negatif tentang semua hal yang mereka hadapi. Hal-hal yang mereka anggap buruk tidak sebatas pada kehidupannya sendiri, tapi juga membawa kita kepada sesuatu yang tidak baik.

Sebagai contoh dari perilaku penggerutu yang mengesalkan, seperti mengkritik cara berpakaian hingga mengomentari orang yang kita ajak ngobrol. Terkadang, si penggerutu merasa cemburu dan tidak pernah melayangkan pujian kepada Anda.

4. Si Mau Enak Sendiri

Saat berhubungan dengan orang lain, seharusnya menimbulkan hubungan timbal balik yang baik. Alhasil, ketika salah satu dalam kondisi terpuruk, yang lain bisa membantu.

Namun hal ini tak akan dilakukan olah si mau enak sendiri, mereka hanya berada di sisi kita di saat-saat bahagia.

Tapi, ketika Anda sedang mengalami kesusahan, teman yang mau enaknya sendiri tidak datang untuk memberi bantuan. Teman yang mau enaknya sendiri kemungkinan juga meninggalkan Anda ketika tujuan mereka sudah tercapai.

5. Si Tukang Drama

Berhubungan dengan orang yang suka drama biasnya menguras tenaga. Berg=hubungan dengan orang yang suka drama akan menimbulkan rasa kecewa, sedih dan jengkel setiap hari.

Si drama queen biasanya cenderung ementingkan diri sendiri. Alih-alih berubah, sifat drama mereka biasanya akan bertambah parah

Tak hanya itu, si drama Queen biasanya cenderung tak peduli dengan apa yang mereka rasakan dan khawatirkan. Sebab, yang jadi prioritas bagi mereka adalah diri sendiri.

6. Si Lintah

Orang Toksik yang satu ini selalu berharap kita selalu siap, sampai-sampai meninggalkan hal yang penting ketika mereka memerlukan bantuan.

Apabila menemukan orang dengan sifat seperti ini, ada baiknya Anda menetapkan batasan dengan mereka. karena jika tidak, tidak, berteman dengan si lintah hanyalah menguras tenaga dan waktu kita.

7. Si Tukang gosip

Membicarakan orang lain dengan orang lain bukanlah perilaku yang baik, tapi tidak sedikit di antara Anda yang tidak tahan melakukannya.

Waspadalah jika Anda dekat dengan orang yang doyan bergosip. Sebab, mereka bisa saja mempergunjingkan Anda di belakang. Karena alasan itulah Anda sepatutnya berhati-hati ketika membicarakan orang lain di belakangnya supaya tidak merusak persona mereka.

8. Si Penipu Ulung

Si Penipu ulung biasanya punya ciri-ciri senang berbohong.Tak hanya itu, mereka jugauga seringkali memanipulasi kebaikan orang lain, dan selalu berusaha membuat orang lain merasa bersalah dalam suatu keadaan.

Agar tak terperdaya, lebih baik Anda jauhi orang jenis ini jika muncul di depan Anda. Bergaullan dengan mereka seperlunya saja.

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories